oleh

RAPAT PARNIPURA DPRD KABUPATEN BREBES DALAM RANGKA HARI JADI BREBES KE-343 TAHUN 2021 TEMA COVID-AMAN

-Berita-26 views

JSI-ReporterJurnalissiberindonesia. Com 642/VIII/220- Pada hari Senin tanggal 18 Januari 2021 mulai pukul 09.30 s.d 11.05 Wib bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD  Kab. Brebes telah dilaksanakan kegiatan Rapat Peripurna DPRD Kab. Brebes dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke 343 Kab Brebes tahun 2021 dengan tema ” Aman Covid – 19, Teteg, Tutug, Bangkit ” dengan dihadiri 100 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain.
Ketua DPRD Kab. Brebes M. Taufik, S.Sn.
Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE., MH.
Wakil Bupati Brebes Narjo, SH., MH.
Dandim 0713/Brebes yang diwakili oleh Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Edwin Samma Baratiku.
Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto, S.I.K., M.HP
Kepala Kejaksaan Negeri Brebes Emy Munfarida, SH. Ketua Pengadilan Negeri Brebes Tornado Edmawan, SH., MH.
Ketua Pengadilan Agana Brebes Drs. H. Kaharudin, SH., MH.
Sekda Kab. Brebes Ir. Djoko Gunawan, MT.
Anggota DPRD Kab. Brebes.
Para Asisten Setda Kab. Brebes.
Dansubdenpom IV/1-4 Brebes Kapten Cpm Budi H.
Tokoh agama KH. Syaifudin Makrub.

“Adapun susunan kegiatan. Istighosah dipimpin oleh KH. Syaifudin Makrub.Pembukaan.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Pembacaan sejarah singkat Kab. Brebes. Sambutan – sambutan.
Doa. Menyanyikan lagu Bagimu Negeri.
Penutup.

Sejarah singkat Kabupaten . Brebes :
Berdasarkan Perda  Nomor : 9A/XI Th. 1985 telah ditetapkan hari Senin Kliwon tanggal 18 Januari 1678 ditetapkan sebagai Hari jadi kab. Brebes. Sejarah singkat Kab. Brebes yaitu ada beberapa pendapat mengenai asal usul nama Brebes. Salah satu pendapat menyatakan bahwa nama Brebes berasal dari kata “Bara” dan “Basah”, bara berarti hamparan tanah luas dan basah berarti banyak mengandung air. Keduanya cocok dengan keadaan daerah Brebes yang merupakan dataran luas yang berair. Karena perkataan bara di ucapkan bere sedangkan basah di ucapkan besah maka untuk mudahnya di ucapkan Brebes. Dalam Bahasa Jawa perkataan Brebes atau mbrebes berarti tansah metu banyune yang berarti selalu keluar airnya.

“Nama Brebes muncul sejak zaman Mataram. Kota ini berderet dengan kota-kota tepi pantai lainnya seperti Pekalongan, Pemalang, dan Tegal. Brebes pada saat itu merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tegal. Pada tanggal 17 Januari 1678 di Jepara diadakan pertemuan Adipati Kerajaan Mataram se Jawa Tengah, termasuk Arya Martalaya, Adipati Tegal dan Arya Martapura, Adipati Jepara. Karena tidak setuju dengan acara penandatanganan naskah kerjasama antara Amangkurat Admiral dengan Belanda terutama dalam menumpas pemberontakan Trunajaya dengan imbalan tanah-tanah milik Kerajaan Mataram, maka terjadi perang tanding antara kedua adipati tersebut.
Peristiwa berdarah ini merupakan awal mula terjadinya Kabupaten Brebes dengan Bupati berwenang .Sehari setelah peristiwa berdarah tersebut yaitu tanggal 18 Januari 1678, Sri Amangkurat II yang berada di Jepara mengangkat beberapa Adipati/ Bupati sebagai pengagganti Adipati-adipati yang gugur. Untuk Kabupaten Brebes di jadikan Kabupaten mandiri dengan Adipati Arya Suralaya yang merupakan adik dari Arya Martalaya. Pengangkatan Arya Suralaya sekaligus titimangsa pemecahan Kadipaten Tegal menjadi dua bagian yaitu Timur tetap disebut Kadipaten Tegal dan bagian barat di sebut Kabupaten Brebes. Inti sambutan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE., MH

“Yang saya hormati Ketua DPRD Kab. Brebes, Forkompinda Kab. Brebes, Anggota DPRD Kab. Brebes dan hadirin sekalian yang berbahagia. Alhamdulilah pada hari ini kita dapat mengikuti acara Rapat Peripurna DPRD Kab. Brebes dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke 343 Kab Brebes tahun 2021 dalam keadaan sehat wal afiat. Rapat paripurna Hari Jadi ke 343 Kabupaten Brebes ini lain dari biasanya. karena sejak tanggal 11 hingga nanti tanggal 25 Januari 2021, Kabupaten Brebes termasuk daerah yang menjalankan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat atau PKM. PKM ini adalah ikhtiar kita bersama untuk mengurangi penyebaran virus Covid – 19 yang telah mengakibatkan pandemi selama hampir satu tahun ini dan di kabupaten brebes sendiri sudah lebih dari tiga ribu orang yang terkonfirmasi Covid – 19,”Infonya.

Selain PKM, alhamdulillah vaksin Covid – 19 juga sudah siap edar di masyarkat, setelah beberapa waktu lalu Presiden dan Gubernur mendapat suntikan vaksin tersebut, saya sebagai Bupati Brebes pun siap untuk segera mendapat vaksin tersebut. Kiraya kehadiran vaksin Covid – 19 di bulan Januari jugalah merupakan kado bagi kita masyarakat Kabupaten Brebes dalam menaklukkan penyakit Corona. untuk itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Brebes, saya sampaikan jangan takut, ayo kita lindungi diri dan orang lain dengan vaksin Covid – 19. Namun perlu diingat juga bahwa setelah nantinya mendapatkan vaksin, bukan berarti kita bebas dari protokol kesehatan, bagaimanapun memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan tetap harus kita jalankan sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru, hingga nantinya virus ini benar – benar dapat kita kalahkan.
Pada hari jadi Kabupaten Brebes ke 343 tahun 2021 ini saya secara khusus memberikanvapresiasi dan penghargaan setinggi – tingginya kepada para pendahulu kita yang berjasa dalam membangun Brebes, serta seluruh masyarakat yang telah mewarnai perubahan Kabupaten Brebes, sehingga berbagai kemajuan dalam pembangunan Kabupaten Brebes yang sudah sama – sama kita rasakan, “Jelas Idza.

Dalam penangganan pandemi Covid – 19 ini, saya ucapkan terima kasih tak terhingga pada para tenaga kesehatan yang berada di garda depan dalam memberikan pengobatan dan layanan kesehatan, kepada Satgas Covid – 19 di berbagai tingkatan, kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung upaya penanggulangan Covid – 19. Dengan doa tulus agar dedikasi dan pengorbanan ibu bapak sekalian mendapat ridho dan pahala dari Allah SWT.
Adapun moment peringatan hari jadi Kabupaten Brebes ini, dapat kita maknai sebagai upaya untuk kembali menyatukan tekad serta semangat seluruh elemen masyarakat Kabupaten Brebes, baik pemerintahan, badan eksekutif maupun legislatif diberbagai aspek politik, ekonomi dan sosial budaya yang tertuang dalam kebijakan daerah yang pada akhirnya bermuara pada upaya dan komitmen bersama membangun Kabupaten Brebes, kebanggaan kita. Tak terasa, perjalanan Kabupaten Brebes telah mencapai 343 tahun. Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Brebes saya menyampaikan selamat memperingati hari jadi yang ke–343 Kabupaten Brebes. Teriring harapan semoga pemerintah dan masyarakat Kabupaten Brebes tetap memiliki semangat untuk membangun, memberikan layanan terbaik dan pada akhirnya menyejahterakan masyarakatnya,”Terang Idza

“Dalam pelaksanaan kegiatan Sidang Paripurna dalam ramgka Hari Jadi Ke 343 Kab. Brebes tahun 2021 mendapat pengamanan dari Kodim 0713/Brebes, Subdenpom IV/1-4 Brebes, Polres Brebes, Satpol PP Brebes dan Dishub Kab. Brebes serta menerapkan Protokoler Kesehatan,” Pungkasnya/Red.

Penulis-ReporterJurnalisSiber. Com (Ags)
Sumber Brita Humas Pemda Brebes

News Feed