oleh

Pelaksanaan Misa Natal, Forkopimda Jawa Timur Terapkan Prokes Tiap Gereja

jurnalissiberindonesia.com – Upaya memberikan rasa aman, dan nyaman bagi Umat Kristiani merayakan malam Misa Natal, Kapolda Irjen Pol Nico Afinta bersama pejabat utama (PJU) Polda Jawa Timur melakukan pengecekan Gereja Vincentius Kristus Raja, di Jalan Sudirman, Tambaksari, Surabaya, Kamis (24/12). Pengecekan tersebut juga diikuti beberapa rombongan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak bersama Pangdam V Brawijaya denga mengendarai sepeda motor.

Kemudian, setiba dilokasi Gereja Vincentius Kristus Raja, para rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur tampak disambut oleh Pendeta Romo Hardo Iswanto bersama pengurus gereja lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang dilanjutkan pengecekan sekitar area, hingga dalam gedung Gereja.

“Kita lakukan pengamanan pada Misa Natal tahun ini sinergitas bersama dari jajaran TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur juga beserta dari organisasi masyarakat GP Ansor. Selain itu, menyisir melakukan pengecekan kembali pada 2 Gereja yaitu, Gereja Vincentius Kristus Raja di Jalan Residen Sudirman, Pacar Keling, Tambaksari, dan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jalan Pringadi, Bubutan Surabaya yang mana setelah kita ketahui sudah menerapkan prokes, hingga menyediakan pengecekan alat suhu badan. Semuanya sudah dilaksanakan secara maksimal,” kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat diwawancarai awak media.

Saat malam Misa Natal nanti, Kapolda berharap, dapat bisa terlaksana berjalan lancar, dan aman. Sehingga, bagi para umat Kristiani yang melaksanakan untuk merasakan nyaman, maupun tentram,” ujar Irjen Pol Nico.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengatakan, bahwa menjelang pelaksanaan Misa Natal malam nanti para umat Kristiani sebelum akan memasuki Gereja harus menerapkan prokes dengan mencuci tangan, memakai masker, dan pengecekan suhu badan. “Kita ketahui tampak sudah menyiapkan dari tempat duduk telah tertata sedemikian dengan berjaga jarak agak merenggang,” tuturnya.

Selanjutnya, Khofifah menambahkan, demi menjaga penerapan prokes saat misa natal, para jemaat nantinya tidak hanya beribadah pada Gereja. Tetapi, juga ada yang melaksanakan Misa Natal pada tiap rumah masing-masing dengan menggunakan Live Streaming. “Meskipun dilaksanakan di rumah sebab mengingat masih dalam pandemi Covid19, para jemaat dapat menjalankan ibadah Misa Natal dengan khidmat,” imbuhnya. (yti/bgs)

News Feed