oleh

DAFTAR BANTUAN PEMERINTAH YANG MASIH DI SALURKAN PADA BULAN DESEMBER 2020 DESA PETUNJUNGAN KABUPATEN BREBES

JSI Brebes. RepoterJurnalisSiberIndonesia.Com-642/VIII/220- Sejumlah bantuan disalurkan pemerintah di tengah kesulitan ekonomi karena dampak pandemic Virus Corona Disease 2019/ COVID-19 2020, Pada Hari Jum’at 18 Desember 2020 ini, beberapa bantuan masih disalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya, 259 orang warga masyarakat Desa petunjungan menerima BLT Bulan Desember 2020 sebesar Rp.300 ribu rupiah.

Bansos sosial Rp.300.000, Kementrian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 250 keluarga yang bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).Penyaluran BST itu dilakukan pada ahkir November hingga Desember 2020 melalui Desa, “Terangnya.

Besaran Bansos tunai atau BST yang disalurkan sebesar Rp.300.000 dan diberikan kepada masyarakat yang terdampak Pandemic Virus Corona Disease 2019/COVID-19 2020, Masyarakat bisa mengecek penerima BST melalui Laman yang di tentukan Oleh Pemerintah Pusat.

“Subsidi Listrik, termasuk bantuan paling awal yang telah disalurkan pemerintah kepada pelanggan rumah tangga, serta usaha mikro,kecil,dan menegah (UMKM).Namun subsidi tersebut hanya diberikan kepada golongan listrik tertentu. Untuk rumah tangga, Pemerintah memberikan kepada golongan Listrik dengan daya 450 V yang berupa penggratisan seluruh tagihan listrik hingga bulan yang di tentukan oleh Pemerintah Pusat saat ini masih berjalan,’’Ungkapnya.

Untuk yang daya, golongan rumah tangga dengan daya Listrik 900VA, akan diberikan subsidi berupa diskon 50% (Persen).Sementara itu, Katagori UMKM yang mendapat subsidi Listrik adalah para pelanggan PLN pelaku bisnis atau industri kecil dengan daya listrik 450VA maupun I I1 450VA.

“Pemerintah juga menggolontorkan dana bantuan kepada beberapa juta pekerja yang terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan bergaji di bawah Rp lima juta. Adapun besaran bantuan yang diberikan sebanyak Rp.600.000 ribu selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta melalui tranfer ke masing-masing rekening penerima,’’Katanya.

“Ia juga, salurkan Kouta Internet, Selain BSU untuk guru honorer,Kemendikbud lebih dulu telah menggelontorkan dana bantuan subsidi kouta internet bagi pelajar dan tenaga pengajar. Penyaluran kouta data internet dilakukan selama 4 (Empat) Bulan dari semptember sampai hingga Desember 2020, Siswa akan mendapat subsidi Kouta sebesar 35 GIB perbulan dan Guru 42 GB per bula.Sementara mahasiswa dan Dosen akan menerima 50 GB perbulan,’’Mestinya.

Namun belum ada keputusan apakah bantuan ini akan dilanjutkan pada tahun mendatang.BLT UMKM, Pemerintah juga telah memberikan BLT kepda UMKM sebesar 2,4 juta. Akan tetapi, pendaftaran bantuan ini telah berakhir pada senin ( 30-11-2020 ).Pelaku UMKM juga bisa mengecek status penerima bantuan secara online melalui laman htttps:// eform.bri.co.id/bpum.Jika dinyatakan sebagai penerima bantuan maka sgera datang ke Bank BRI terdekat dengan membawa identitas diri untuk melakukan proses pencairan.

Kepala Desa Petunjungan Slamet Tohani, berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengeluarkan bantuan BLT kepada masyakat Petunjungan yang selama ini,terdampak Pandemic COVID-19 2020, yang sudah keluar pertengahan bulan Desember, untuk desa petunjungan kita bagi pada hari Jum’at 18-Desember 2020 pukul 13.00 WIB ke 259 Warga penerima BLT, di Gedung Lapangan Batminton Desa Petunjungan dengan tertip, dan mentaati peraturan pemerintah telah memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun yang sudah di sediakan oleh kepala Desa , ia berterima kasih kepada masyarakat kami yang sudah tertip aman kondusip biarpun di guyur hujan yang cukup lebat, tetapi masyarakat tetap mentaati Prokes Kesehatan,’’Sambunganya.
Pencairan BLT desa petunjungan dapat dilakukan dengan melengkapi dokumen surat undanagan, photo copy KK, photo copy KTP , atau surat pernyataan dan /kuasa Penerima bantuan BLT yang sudah terdaftar sebelumnya mutlak penerima bantuan BLT,”pungkasnya.
Penulis.ReporterJurnalisSiberIndonesia.Com (Ags)

News Feed