oleh

ULASAN LENGKAP: PENYALAHGUNAAN ALOKASI DANA DESA ‘’MFPS’’FORUM MASYARAKAT DESA SLATRI MELAPORKAN DUGAAN PENYELEWENGAN ANGGARAN DANA DESA 2017

JSI Brebes: ReporterJurnalissiberindonesia.Net- 642-VIII-220-Dana Desa merupakan Program pembangunan Desa yang untuk memajukan Desa. Namun demikian,kasus-kasus penyalagunaan. Dana Desa yang bersumber dari APBN dikelola langsung oleh pemerintah desa. Mekanismenya adalah dana dari Rekening Kas Umum Pusat (RKUP) dialirkan ke Rekening Kas umum Daerah (RKUD). Selanjutnya dana tersebut mengalir ke Rekening Kas Desa (RKD).
Setelah menerima aliran dana, Pemerintah desa mengelola dana tersebut untuk membangun desa. Prinsip pengelolaanya mengacu azas dan dasar hukum sesuai dengan petunjuk Buku Saku Dana Desa yang diterbitkan oleh kementrian keuangan,’’terangnya.

“Namun demikian,Fakta lapangan menunjukan adanya kasus-kasus korupsi,Kami mengatas namakan (MFPS) Forum Masyarakat Desa peduli SLatri Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes,Senin pagi 07-Desember-2020, yang didampingi oleh Aktivis Pegiat anti Korupsi Datang ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Brebes, guna Melaporkan dugaan penyelewengan Anggaran Dana Desa (DD) Sebesar Milyar rupiah tahun anggaran 2017,’’Ungkapnya.

Data di atas menunjukan bahwa sejak pertama kali program ini berjalan sudah ada potensi terjadinya tindak pidana Korupsi. Dalam kasus ini ditemukan adanya pengelolaan dana desa yang tidak sesuai prosedur,’’Mestinya.

‘’Ia Ahmad Muzaki – 43 tahun warga Desa Slatri Rt 005/003, Ia selaku Ketua Forum Masyarakat Peduli Slatri, ia mengatakan bahwa membenarkan adanya aduan dari masyarakat Desa Slatri,Bahwa di Desa Slatri adanya dugaan penyelewengan anggaran tahun 2017, Ia melaporkan Dugaan Penyelewengan Dana Desa ke Kejaksaan Negeri Brebes, tetang Bukti pembangunan Fisik. Dengan dugaan Mar’Up Tenaga kerja harian. Dari sumber anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2017. Tentang Kegiatan fisik Draenase dan Pavingisasi yang di mulai pekerjaannya pada bulan Juli tahun 2017 ini. Alkamdulilah pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Brebes sudi menerima aduan masyarakat Desa Slatri di terima dengan sangat baik,’’tuturnya Muzaki.

Ia Ahmad Sugiarto – 41 tahun warga Desa Racawuluh Rt-04/03 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.Ia selaku Aktivis Pegiat Anti Korupsi dan Ia Sekaligus mendampingi Warga Desa Slatri, Ia ditanya di lokasi Ia tidak banyak komentar hanya menjelaskan , memang benar adanya dugaan penyelewengan Anggaran Dana Desa tahun 2017, Bahwa banyaknya aduan dari Warga Desa Slatri Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes , Terkait dugaan Penyelewengan Anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2017 di Desa Slatri tersebut, Ia selaku Aktivis Pegiat Anti korupsi ikut mendampingi proses pelaksanaan pelaporan pengaduan warga Desa Slatri tersebut,’’Ungkapnya Aktivis Anti Korupsi.

“hal yang sama, di temui ditempat, atas nama Sartono -51-tahun warga Desa Slatri Rt-008/002 yang ikut ke Kejaksaan, Ia juga menambahkan dan membenarkan adanya dugaan penyelewengan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2017 di Desa Slatri, Jadi kami perwakilan Forum Masyarakat Peduli Desa Slatri dan Saya juga selaku Sekretaris Forum tersebut ikut mendampingi pelaksanaan pelaporan itu tersebut, mengingat masih di masa pandemic COVID-19, Warga yang ikut pelaporan dugaan Penyelewengan Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2017 ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Brebes, Ia mengikuti anjuran Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten, ikuti Prokes (Protokol Kesehatan) wajib memakai Masker, dan Mencuci Tangan, serta menjaga jarak, yang paling utama mengedepankan Prokes,’’Jelasnya.
Berbagai penyelewengan Dana Desa (DD) tahun 2017 di tengarai akibat ketidaksiapan Desa dalam mengelola Dana Desa (DD) tahun 2017 yang di berikan pusat. Selain itu,Faktor Kesengajaan menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020 di Desa Slatri demi kepentingan di lain pihak atau kepentingan yang lain , akhirnya memicu banyaknya banyaknya warga atau masyarakat yang tau dan temuan-temuan di lokasi, terjadilah penyelewengan Anggaran Dana Desa yang harus diawasi secara Ketat agar tidak menimbulkan Kerugian,”Puskasnya/Red.
Pennulis-ReporterJurnalissiberindonesia. Net (642)

News Feed