oleh

Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilkada Serentak, Polda Jatim Libatkan 15.539 Personil Polri

-Berita-28 views

jurnalissiberindonesia.com – Apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan (PAM) pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di wilayah Jawa Timur digelar di Lapangan Mapolda Jatim.

Pelaksanaan apel tersebut, di pimpin langsung Kapolda Irjen Pol Nico Afinta bersama didampingi Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo dengan diikuti seluruh pejabat utama (PJU) dan personel satuan kerja (Satker) Polda Jatim berlangsung khidmat.

Kapolda dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada semua anggota atas loyalitas kinerja dan pengabdian sinergi dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) dan seluruh lapisan masyarakat. Terlebih, dalam penanganan Covid-19, serta pengamanan rangkaian tahapan pilkada mulai awal hingga tahap pencoblosan.

“Kami, apresiasi atas kinerja serta loyalitas seluruh anggota yang melaksanakan pengamanan tahapan Pilkada mulai awal hingga saat akan pencoblosan nanti,” kata Irjen Pol Nico Afinta, disela-sela apel upacara berlangsung, Senin (7/12/2020).

Disampaikan, dengan adanya situasi Pandemi sangat berpengaruh dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak tahun 2020. Karena, selain harus mematuhi norma dan aturan dalam Pilkada. Para penyelenggara dan peserta harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) dalam setiap rangkaian itu.

Selain itu, bagi para personil terlibat pengamanan Pilkada serentak harus melaksanakan prokes dan jangan ragu untuk memperingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhinya.

“Tahun 2020 ini Pilkada serentak memang berbeda dengan tahun sebelumnya, karena telah bersamaan situasi Pandemi. Sehingga, seluruh anggota melakukan pengamanan untuk benar-benar tetap mematuhi Prokes. dengan cara 3-M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak),” pesan Irjen Pol Nico.

Jenderal Bintang Dua juga menyampaikan, Pilkada Serentak di Jawa Timur akan dilaksanakan pada b19 Kabupaten/ Kota dan terdapat sejumlah 48. 607 TPS dengan kekuatan pengamanan 15.539 personil dan TNI 5.681 personil, Linmas sebanyak 99.351 personil. Selanjutnya, pihaknya akan melibatkan dengan mengerahkan bantuan kendali operasi (BKO) personil sebanyak 740 personil dalam rangka penebalan pengaman di tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam rangka mengantisipasi Kontigency, pihaknya telah mempersiapkan, satuan setingkat kompi (SSK) masing-masing diantaranya, 3 SSK Ditsamapta dan 12 SSK dari Satbrimob Polda Jatim yang nantinya akan ditempatkan sesuai rayon. “Kami harap, Pilkada serentak di Jawa Timur tahun 2020 terlaksana berjalan aman, dan damai,” imbuhnya.

Nico menambahkan, telah menekankan kepada seluruh personel yang melakukan pengamanan di TPS untuk tetap menjalin sinergitas dengan TNI dan Pemda setempat guna terciptanya keamanan serta ketertiban, melaksanakan tugas pengamanan sesuai prosedur dengan berpegang teguh profesionalisme dan komitmen netralitas Polri.

Kemudian, deteksi dini terhadap wilayah BKO melalui analisa daerah operasi. Dan jangan melaksanakan segala perbuatan kontra produktif, sikapi setiap situasi secara responsif cepat, efektif, tegas dengan sesuai prosedur tetap (Protap). “Pelaksanaan pengamanan saat Pilkada tetap menjaga kesehatan untuk menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes,” pungkasnya. (Yti/Bgs)

News Feed