oleh

Dugaan Korupsi Bansos Covid19, KPK RI Amankan Pejabat Kemensos RI

jurnalissiberindonesia.com – Operasi tangkap tangan (OTT) di lingkungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI terkait atas dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) penanganan pandemi Covid-19, berhasil di amankan Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, pada Sabtu (5/12), dini hari.

Sementara itu, Ketua KPK RI, Komjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si., membenarkan bahwa jika pihaknya telah melaksanakan OTT terhadap pejabat Kemensos RI pada Jum’at (4/12), sekitar pukul jam 23.00 WIB sampai dengan (5/12), sekitar pukul 02.00 WIB dinihari kita telah melakukan tangkap tangan tersebut,” katanya, Sabtu (5/12).

Disampaikan Firli bahwa, dari yang bersangkutan merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada program bantuan sosial di Kemensos RI. Dugaan korupsi PPK telah menerima hadiah dari para vendor pengadaan barang/jasa (PBJ) bansos di Kemensos RI dalam penanganan pandemi Covid-19,” terangnya seperti dikutip suarasurabaya.net.

Saat ini, sambung Firli, para terperiksa telah dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Kami sampaikan, tolong beri waktu kami bekerja dulu, nanti pada saatnya KPK akan memberikan penjelasan,” singkatnya.

Nurul Ghufron Wakil Ketua KPK RI mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat Kementerian Sosial yang terjaring operasi OTT.

“KPK telah mengamankan beberapa orang diduga merupakan pejabat Kemensos RI berkaitan dengan tindak pidana korupsi pelaksanaan bantuan sosial COVID-19. Hingga saat ini kami lakukan pemeriksaan,” katanya.

Namun, Ghufron enggan membeberkan identitas terperiksa maupun barang bukti yang diamankan dalam OTT tersebut. Hal tersebut akan diungkap dalam jumpa pers yang dijadwalkan digelar pada Sabtu malam ini.

“Untuk terkait siapa saja mereka, dan berapa barang bukti uang yang kami sita, akan kami ekspose dan konferensi pers dilaksanakan nanti malam,” kata dia. (Ov1/Bgs)

News Feed