oleh

Ini Langkah Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim Bagi Truk Bermuatan Overdimensi

jurnalissiberindonesia.com – Keselamatan berkendara merupakan faktor utama bagi semua masyarakat di jalan raya. Begitu juga, akan pengendara truk bermuatan lebih berdampak mengalami resiko bagi pengguna kendaraan jalan lain yang cenderung dapat mengakibatkan faktor kecelakaan.

Maka itu, Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Subdit Kamsel) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur menghimbau kepada pengendara truk bermuatan overload dimensi supaya tetap mentaati tata tertib lalu lintas pada jalan raya.

“Segi sudut pandang terkait truk bermuatan lebih tersebut salah sisi pada melebihi batas beban atau overloading, maupun overdimensi atau over dimension over load (ODOL) terdapat aturannya tersendiri. “Jadi, pengendara jenis truk yang bermuatan berlebih akan sangat membahayakan bagi pengendara kendaraan lain dan dapat mengakibatkan kerugian materi lebih banyak,” kata Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jawa Timur, AKBP Deny Kuncoro Feri Prabowo saat diwawancarai wartawan, Selasa (1/12).

AKBP Deny menuturkan bahwa, faktor dengan penambahan muatan. Maka fungsi kendaraan akan berkurang. Misalnya, fungsi rem, dan kegesitan kendaraan muatan terlalu banyak, sehingga beban semakin berat.

Untuk sisi lain, terkait overdimensi dapat menganggu pengendara lain untuk jarak pandang. Sehingga, berimbas pada fungsi jalan. “Kita melihat jalan berlubang, maupun bergelombang, ini penyebab secara bukan kesalahan pada pekerjaan dari Dinas PU Bina Marga setempat, tapi karena faktor kelas jalan tidak sesuai dengan jenis kendaraan, misalkan, kelas kendaraan bermuatan 5 ton, tetapi diberikan muatan kendaraan lebih dari 8 sampai 10 ton, secara otomatis fungsi jalan akan mengalami faktor keretakan,” jelasnya.

Untuk sanksi overload dimensi memang ada, tetapi AKBP Deny menyampaikan, pihaknya lebih sering melaksanakan sosialisasi terhadap pengendara berdominan dengan PO Bus, maupun pada tempat terminal angkutan umum. “Intinya tugas kita memberikan sosialisasi terhadap pemilik kendaraan pada overload dimensi yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), serta Dinas PU Bina Marga setempat. (yti/bgs)

News Feed