oleh

ASKAB PSSI KABUPATEN BREBES GELAR WORKSHOP UNTUK PENGAWAS DAN PERANGKAT PERTANDINGAN DAN PENINGKATAN MUTU SDM ASOSIASI PSSI KABUPATEN BREBES

JSI Brebes : ReporterJurnalissiberindonesia. Net-642/VIII/220-PSSI Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Workshop internal bagi pengawas pertandingan dan wasit pertandingan di tengah Pandemi COVID-19, yang melanda dunia saat ini. Kegiatan Workshop internal di gelar Hari Minggu 29-Nopember 2020.

Tujuan adalah agar Program-program pengembangan pada tahun 2020-2021 ini tetap dapat berlangsung, meski di tengah situasi dan kondisi pandemi COVID-19. Dalam sambutan ketika membuka,Selaku Ketua Bidang Komisi Pertandingan Askab PSSI Kabupaten Brebes H Samsul Spd, mengatakan dalam berbagai keterbatasan seperti saat ini, program pengembangan terkait peningkatan mutu SDM dalam sepakbola tidak boleh dibiarkan terhenti.

“SDM di kabupaten Brebes bidang perangkat pertandingan dimana di dalamnya termasuk wasit dan pengawas pertandingan, atau bahkan Kepelatihan dan unsur lainya harus benar-benar dijaga untuk tetap memiliki klasifikasi sesuai standarnya masing-masing,’’kata H Samsul Spd.

“Kelangsungan Kompetisi mungkin boleh terganggu dalam situasi dan kondisi kahar seperti ini, tetapi menjaga Kualitas SDM penunjang Kompentisi itu sendiri harus tetap berlangsung. Kompetisi itu sendiri sebenarnya adalah muara dari seluruh aspek pembinaan dalam Sepak bola. Dengan demikian harapanya adalah jika nanti pada saatnya telah benar-benar dinyatakan situasi dan kondisi dinilai memungkinkan untuk Kompetisi dapat bergulir kembali, maka perangkat pertandingan dan pengawas pertandingan penunjang kualitas Kompetisi yang diharapkan menjadi baik,akan telah siap ‘’Sambung H Samsul Spd.

Sekitar 56 (Lima Puluh Enam)orang wasit dan 16 (Enam Belas)orang Pengawas Pertandingan d
I Kabupaten Brebes mengikuti program tersebut. Acara ini dibuka oleh jabatan Ketua Bidang komisi Pertandingan Askab PSSI Kabupaten Brebes H Samsul Spd, dan dilanjutkan paparan dari Ketua Panpel Saudara Nanang,Serta menghadirkan Narasumber Peningkatan Mutu SDM perangkat pertandingan. Fani Adi Nugroho, Jabatan (Komite Kompetisi Asprov PSSI Jawa Tengah).

Dan Drs Supriyatin, Jabatan (Komite Kompentisi Asprov PSSI Jawa Tengah). Menjadi Narasumber Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Perangkat Pertandingan Askab PSSI kabupaten Brebes Tanggal 28 Nopember 2020 di Aula SMA 1 Brebes Pukul 09.00 WIB sampai selesai , dan dilanjutan Teori Computer Di ruang Computer SMA 1 Brebes di Bagi dua kelompok kelompok satu 56 orang untuk wasit dan kelompok dua 16 orang untuk pengawas pertandingan (PP),’’Terangnya.

Dan langsung di laksanakan Praktek di Lapangan sepak bola Karang Birahi Askab Brebes, Praktek cara melaksanan tugas memimpin pertanding yang benar dan Tegas lugas serta penuh tanggung jawab dan Cara sebelum pertandingan Sepak bola di mulai Pengawas Pertandingan, harus Chek In lapangan dan Chek In lebar Lapangan dan panjang lapangan serta Chek In tinggi gawang dan lebar Gawang serta Chek In cara mengikat jaring Gawang yang benar,’’ kata Narasumber.

Hal ini merupakan seri pembukaan dari seluruh rangkaian kegiatan yang direncanakan nantinya.Karena kegiatan ini sendiri direncanakan akan berlangsung dalam beberapa kali sesi yang akan dilaksanakan oleh Ketua Askab PSSI Kabupaten brebes.

“Apresiasai setinggi-tingginya buat Asprov PSSI jawa Tengah yang tetap menjalankan program kerjanya meski secara Virtual.Kegiatan ini menjadikan perangkat Pertandingan, Khususnya Match Commissioner bisa tetap belajar dan berdiskusi tentang sepak bola, dan berdiskusi tentang pemimpin pertandingan maupun berdiskusi tentang pengawas pertandingan yang benar benar dilaksanakan dengan kebenaran,’’Mestinya.

“Agenda Pelatihan Mutu SDM dan Workshop wasit Askab PSSI Kabupaten Brebes dan pengawas pertandingan Askab PSSI Kabupaten Brebes yakni teori dan praktek, terutama fitness test.Untuk wasit, akan terlaksana

Tentu target yang ingin dicapai untuk wasit Askab PSSI Brebes dan asistennya antara lain, adalah mentoring dan coaching wasit liga secara langsung pada pertandingan liga. Manajemen dan pengendalian mutu departemen wasit PSSI, menciptakan Elite Referee PSSI,mempersiapkan wasit PSSI yang ada mencapai wasit di jejang yang tinggi, Meningkatkan performa wasit profesional PSSI,membantu dalam assesment dan evaluasi wasit profesional PSSI,’’Pungkasnya/Red
Penulis: ReporterJurnalissiberindonesia(Ags)

News Feed