oleh

Gelar Rakor Bersama Forkopimda Jatim, Kapolda Meminta Pilkada Serentak Terapkan Prokes

jurnalissiberindonesia.com – Rapat koordinasi (Rakor) penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (Dipa) dan alokasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun 2021 diadakan di Convention Hall Grand City Mall Surabaya, Senin (30/11).

Rakor tersebut dengan dihadiri Kapolda dan Gubernur, bersama Pangdam V Brawijaya, hingga Jajaran Forkopimda Bupati/Walikota se-Jawa Timur membahas upaya pengendalian pelaksanaan menjelang Pilkada Serentak tahun 2020, maupun sosialisasikan vaksin Covid-19.

Kapolda Irjen Pol Nico Afinta bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menggelar Rakor penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (Dipa) dan alokasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun 2021 di Convention Hall Grand City Mall Surabaya. (yti/bgs)

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta pihaknya meminta kepada seluruh Kapolres Jajaran Polda Jatim untuk mengutamakan tindakan. Kemudian, akan menyadari adanya korelasi antara operasi tindakan disiplin dengan tingkat kepatuhan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, semakin tinggi operasi disiplin, semakin tinggi pula tingkat kesadaran masyarakat.

Jenderal Bintang Dua juga berharap bahwa, peningkatan operasi disiplin bersama TNI dan Satgas Covid-19 tentunya sangat perlu dukungan dari paea Pemda (Pemerintah Daerah) setempat. Bisa dilihat dari segi operasi ada 2 pengawasan ketat terhadap potensi kerawanan pelanggaran secara mobile dan stasioner,” ujarnya.

Maka, sambungnya, dengan pengawasan ketat bisa dilakukan oleh Tim pada titik tempat keramaian agar memberitahukan kepada masyarakat. “Kami sarankan semuanya harus dapat bersinergi antara dengan TNI dan Polri juga Pemerintah bersama saling sosialisasikan akan pentingnya menjaga protokol kesehatan (Prokes),” pesan Irjen Pol Nico Afinta.

Dengan pengamanan Pilkada serentak pada 9 Desember nanti, lanjut Irjen Pol Nico, diharapkan bagi seluruh personil Polda Jatim, beserta Jajaran Polres benar-benar siap melaksanakan pengamanan mulai KPU maupun TPS yang berada di seluruh Jawa Timur.

Sehingga, seluruh personil harus memaksimalkan pendeteksian dini dalam hal mengantisipasi Kamtibmas saat Pilkada berlangsung. “Kita siagakan seluruh personel untuk pengamanan Pilkada serentak,” tambahnya.

Irjen Pol Nico menuturkan, seluruh jajaran Kepolisian, diwajibkan harus netralitas dalam Pilkada serentak. Dan tetap melaksanakan Sinergitas bersama pihak penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu. “Kami tingkatkan Patroli Cyber ketika menjelang pelaksanaan Pilkada dengan setiap anggota dilengkap alat pelindung diri (APD) saat pengamanan nanti,” jelasnya. (yti/bgs)

News Feed