oleh

PENEMUAN EMPAT (KKSK) KESEHATAN LINGKUNGAN, KESEHATAN IBU DAN ANAK STUNTING, KESEHATAN JIWA, MMD DI DESA BANGSRI KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN 2020

Brebes. Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah Kesehatan yang diperoleh dari hasil Survey Mawas Diri. Sebelumnya Survey Mawas Diri (SMD) dilaksanakan oleh kader Desa Bangsri. pada tanggal dengan pendampingan dari Bidan Desa Bangsri,’’ Ibu Are Mualiffah,SST.

Selasa. 17 Nopember 2020 tiem dari Puskesmas Siwuluh kembali mengadakan MMD yang merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Siwuluh guna mengevaluasi penerapan Kesehatan yang ada di masyarakat Desa setempat. Penyelenggaraan MMD pada tahun 2020 ini sedikit berbeda dengan MMD pada tahun 2019. Tahun ini peserta MMD hanya di hadiri oleh beberapa perwakilan , tampak Hadir Kepala Desa Bangsri Bapak Devi, Sekaligus Membuka MMD ( Musyawarah Masyarakat Desa) dan Hadir Ketua BPD, Ketua FKD, Tokoh Masyarakat Desa Bangsri dan Perangkat Desa Bangsri saja demi untuk mencegah adanya kerumunan masa yang berlebihan, masih suasana pandemik COVID -19, Harus mentaati Protokol Kesehatan Memakai Masker.

“MMD Tahun 2020 Desa Bangsri di pimpin langsung oleh Bapak Topik,AMK (PJ UKM) dan dibantu N.M Wahyu Sani,SKM (Surveilans) dan Endang Retnowati F,SKM (Promkes) dan Paparan Dari Bidan Desa Bangsri, Arie Mualiffah,SST dan Arief Purwaningsih,Amd.Keb. di Dsa bangsri Sekaligus merupakan Perwakilan Kepala Puskesmas Siwuluh Dr.Suparto Hary Wibowo,M.Kes (Kepala), Yang tidak Hadir, Topik memberikan sambutan dan evaluasi singkat sebelum pembacaan materi MMD.

Selanjutnya Materi MMD yang merupakan Hasil Evaluasi dari MMD dibacakan oleh perwakilan Kader Posyandu Desa Bangsri. Ada beberapa pokok permasalahan yang dibahas dalam MMD kali ini dan sedikit berbeda dengan MMD tahun lalu. Beberapa permasalahan hasil SMD tersebut adalah. Keseluruhan permasalahan yang ada di bahas satu persatu dan kemudian diadakan diskusi dengan kader Posyandu dan Kepala Desa dan Perangkat Desa Bangsri, setelah diadakan diskusi dengan semua peserta MMD di dapati 4 (Empat) Prioritas Permasalahan yang harus segera di tangani ke empat Prioritas Permasalahan tersebut Adalah: (1) Kesehatan Lingkungan (2) Kesehatan Ibu dan Anak (3) Stunting (4) Kesehatan Jiwa.

Paparan Bidan Desa, Ibu Arie Mualiffah,SST , Data dasar Desa Bangsri, Jumlah Penduduk.(15.233) jiwa , Laki-laki ( 783) jiwa. Perempuan (7402) Jiwa. Jumlah RW. (10) RW. Jumlah RT (55) RT.
Paparan Hasil MMD Desa Bangsri.(1) Kesehatan Jiwa adalah, Pertemuan deteksi dini Gangguan jiwa Pertemuan Kegawat Daruratan, Pendataan Dengan RW/RT Setempat Pemantauan, Di anggaran Desa. (2) Kesehatan Lingkungan adalah. Pendataan dengan RT/RW setempat Pemantuan. Di Anggaran Desa. (3) Stunting adalah, PMT Khusus Edukasi , Di Anggaran Desa. (4) Kesehatan Ibu dan Anak , Memberikan Edukasi Kepada Ibu Hamil, Di Anggaran Desa,’’Katanya Arie Mualiffah.
Selanjunya Puskesmas Siwuluh akan Membahas keempat Prioritas Permasalahan tersebut secara intern danakan mengusahakan agar keempat permasalahan tersebut masuk kedalam skala Prioritas kerja Puskesmas Siwuluh Tahun 2021 Mendatang,”Ungkap Topik,AMK (PJ UKM).
“Dalam Rangka Meningkatakan Kualitas dan layanan kepada masyarakat Khususnya warga Kecamatan Bulakamba, Puskesmas Siwuluh mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) untuk mengetahui kebutuhan apa yang menjadi Prioritas Kesehatan di masing-masing Kelurahan .Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dilakukan di kelurahan Desa Bangsri.

“Hari ini Selasa 17 Nopember 2020 Musyawarah Masyarakat Desa, kita sudah melakuakan Survey sebelumnya yang diisi oleh Responden untuk menemukan kesepakan tentang masalah Kesehatan .Kalau di keluraan /Desa Bangsri ini tadi mengenai masih banyak, KB paska Pandemi Perlu di tindakan, dan Juga masalah DBD,’’Jelas Topik.

Kepala Desa Bangsri Devi, sangat mendukung penuh dengan Musyawarah Masyarakat Desa ini. Harapanya saat ini bisa tau kondisi Kesehatan warga Desa Bangsri , Semoga juga tetap menerapkan Protokol Kesehatan Di tengah Pandemik COVID-19,’’Jelas Devi.

Dari hasil Musyawrah Masyarakat Desa (MMD) Kelurahan Desa Bangsri di temukan beberapa data masalah Kesehatan yang perlu ditangani . Diantaranya Banyaknya Warga yang membuang sampah sembarangan. Dan merokoh di dalam Rumah, pemahaman dan Pelaksanaan KB Paska Persalinan dan Juga Masalah DBD,”Puskasnya/Red.
Penulis. ReporterJurnalissiberindonesia. Net (Ags)

News Feed