oleh

72 ORANG WARGA PEMERIKSAAN KESEHATAN /RONTGEN PARU-PARU 27 ORANG POSITIF RONTGEN DAN PEMERIKSAAN SEMPEL DAHAK DESA PETUNJUNGAN KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

-Berita-38 views

Brebes. Minggu 15 Nopember 2020. Petunjungan sehubungan dengan adanya acara kegiatan Pemeriksaan Kesehatan / RONTGEN Paru-paru dan Kemenkes Jakarta ,maka di rahapkan masyarakat dan warga di Desa Petunjungan kecamatan Bulakamba ,diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi organ-organ di bagian dalam dada,seperti misalnya paru-paru.Pada saat ini, Tiem yang bertugas menyarankan untuk dilakukan Rontgen paru-paru.

Kepala Desa Petunjungan Slamet Tohani, Menghimbau masyarakat yang hadir dalam kegiatan pemeriksaan Kesehatan Paru-paru/rontgen di balai Desa Petunjungan, Harus mentaati Prokes (Protokol Kesehatan) mengaplikasi 3M ( Memakai Maske, dan Mencuci Tangan dengan Sabun dan air yang mengalir, serta menjaga jarak,’’terangnya Slamet.

Sebelum Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan/Rontgen paru-paru, tiem yang bertugas mengadakan pengarahan dan pemahaman tentang pemeriksaan Kesehatan paru-paru, tentang penyakit TUBERCULOSIS (TBC) apa itu TBC,TBC atau Tuberculosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Kuman TBC (Mycobacterium Tuberculosis).Kuman ini menyerang tubuh manusia terutama pada paru-paru.TBC bukan penyakit turunan ,bukan disebabkan oleh kutukan ataupun guna-guna. “katanya

Tampak Hadir Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan paru-paru ini, Tiem Dinas Kesehatan Kabupten Brebes Bapak Johan Asanni, dan Tiem Kemenkes Jakarta Bapak Refki sebagai pelaksana kegiatan Pemeriksaan Kesehatan, dan Tiem Puskesmas Siwuluh Bapak Topik dan bidan desa, kepala Desa Siwuluh ,BPD ,LPM PKK,FKD ,dan Bidan Desa /kader Posyandu . Program lanjutan Bapak Dirjen P2P , Apokasi siaga TBC bisa langsung ,kegiatan Rihil 6 orang Tiem dari Kemenkes jakarta, satu orang tiem dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dua orang dari Puskesmas Siwuluh, dan beberapa Bidan desa ikut Membantu jalanya kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Paru-paru/Rontgen pada hari minggu 15 Nopember 2020.

“Johan Asanni , menambahkan kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 6 Nopember sampai dengan tanggal 18 Nopember 2020,Desa petunjungan di hari yang ke 10 target 1250 (Seribu dua ratus lima puluh) orang, di hitung mulai tangal 6 s/d 18 Nopember 2020,Program pelaksanaan pemeriksaan Kesehatan ini, kecamatan bulakamba , pelaksanaan di lapangan sosialisi skrening gejala ,Pemeriksaan Rontgen dan sempel dahak, alat Tes Cepat Molokuler (TCM)
Di kabupaten Brebes ada tiga Rumah Sakit, Rumah Sakit RSUD Kabupaten Brebes, Bumi Ayu, Banjarharja.”Imbuhnya

Johan Asanni, 72 orang yang mendafarkan diri Pemeriksaan Kesehatan di Balai Desa Petunjungan Minggu pukul 09.00 WIB s/d 12,00 WIB, Syarat yang harus di bawa, photkopi KK dan Photokopi Kartu Keluarga, 72 orang yang sudah menjalankan pemeriksaan Kesehatan Paru-paru/Rontgen , Tiem yang bertugas Pemeriksaan Kesehatan Paru-paru menemukan 27 dinyataka Positif Tes Rontgen dan akan di ambil sempel Dahak , dari hasil pengambilan sempel dahak yang dilakukan oleh Tiem Kemenkes Jakarta, bahwa hasil sempel dahak hasilnya nunggu sampai 3 hari.,’’Katanya Johan Asanni. Dan apabila masyarakat dan warga, apabila ada masyarakat yang positif Tuberculosis (TBC) akan di adakan pengobatan selama 6 bulan secara gratis oleh puskesmas setempat, ‘’Ungkapnya Topik.

Rontgen merupakan bentuk dari radiasi elektromagnetik yang dapat menembus atau melewati tubuh manusia dan menghasilkan gambar tulang atau organ yang tampak seperti bayangan,dalam kertas khusus berwarna hitam. Melalui prosedur ini,Dokter bisa mengetahui kondisi paru-paru kamu. Apakah terdapat sel kanker, inteksi, atau pneumotorks.

Ternyata, tidak hanya mengetahui kondisi kesehatan paru,Rontgen biasanya dilakukan untuk mengetahui ukuran organ hati,kondisi tulang bagian kepala dan anggota tubuh lainya (Jika terjadi patah tulang). Kondisi pembuluh darah,hingga perubahan yang terjadi pada tubuh setelah pasien melakukan tindakan beda.Namun, menjalani prosedur Rontgen tidak boleh sembarangan, ada yang perlu kamu perhatikan dan siapkan sebelum melakukannya.Apa saja.

Sebelum melakukan Rotgen paru-paru, kamu biasanya akan di minta oleh petugas untuk menempelkan bandan , pada dasarnya, kamu tidak diharuskan untuk melakukan persiapan khusus sebelum menjalankan prosedur pemeriksaan ini.Kamu bisa makan dan minum dengan normal alias tidak perlu puasa seperti kala melakukan pemeriksaan urine dan darah. Namun kondisi ini mungkin diperlukan, termasuk juga kosumsi obat tertentu apabila prosedur pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan agen tertentu.

Pada Kasus pemeriksaan paru-paru, petugas akan meminta kamu untuk menahan napas selama beberapa detik ketika pengambilan gambar dilakukan, supaya gambar yang dihasilkan adalah ketika paru-paru sedang tidak banyak bergerak selama prosedur berlangsung , agar pengambilan gambar bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan Rontgen paru-paru. Kalau ada yang ingin kamu tanyakan lagi sebelum melakukan prosedur ini, kamu bisa langsung bertanya kepada petugas supaya lebih mudah ,’’Puskasnya/Red.
Penulis : ReporterJurnalissiberindonesia(Ags)

News Feed