oleh

256 KK MENERIMA BLT BANSOS TAHAB 6 Rp 300 RIBU DESA PETUNJUNGAN KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

Brebes : Jum’at 13 Nopember 2020- Pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos) memiliki program bantuan langsung tunai (BLT) bernama Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300 ribu per KK. Sedianya, Kemensos hanya akan menyalurkan bansos Rp 300 ribu hingga Desember 2020 saja. Meski Jumlahnya tak besar, Menteri Sosial, berharap bantuan itu dapat digunakan untuk Keperluan Mendesak, khususnya saat Pandemi COVID-19.

“ BLT (Bantuan Langsung Tunai) Jadi jangan digunakan untuk berjudi dan membeli minuman berakohol bagi bapak-bapak dilarang oleh pemerintah, nanti kasian istri dan anaknya tidak kebagian,’’ Kata kepala Desa melalui keterangan yang dikutip bagikan Berita Dari Berita Jurnalissiberindonseia yang bertugas di lapangan, Jum’at 13 Nopember 2020.

Pemerintah menetapkan sejumlah syarat bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan sosial tunai tersebut. Di antarnya sebagia berikut: (1). Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT&RW dan berada di Desa. (2). Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi Corona (COVID-19). (3) Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat.ini berarti calon penerima BLT dari dana Desa tidak menerima program Keluarga Harapan (PKH), Kartu sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja. (4). Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain,tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa. (5). Jika calon penerima memenuhi syarat,tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan 9NIK), Tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, Penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat Lengkapnya. (6). Jika penerima sudah terdaftar dan Valid maka BLT akan diberikan melalui tunai dan non tunai. Non tunai di berikan melalui tranfer ke rekening bank penerima dan tunai boleh menghubungi aparat desa, bank milik negara atau diambil langsung di kantor pos terdekat.

Jika anda termasuk dari warga terdampak COVID-19 dan sudah memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial tunai, berikut cara Klaimnya: Pastikan tidak terdaftar di program bantuan sosial pemerintah yang lain. Cek apakah nama anda sudah terdafar ke penerima bantuan sosial tunai ke RT/RW setempat. Jika belum,daftarkan diri dengan melampirkan Fotokopi KTP untuk diberikan kepala desa untuk desa untuk data Anda diserahkan Kepada bank-bank milik negara yang dilibatkan pada program. Tunggu Informasi selanjutnya mengenai pencairan dana ke rekening Anda (jika memilih sistem tranfer)

Bantuan BLT Desa Petunjungan Tampak Hadir, Kepala Desa Petunjungan Slamet Tohani, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa kecamatan Bulakamba, Dan Mahasiswa atau KKN dari UPT ( Universitas Politeknik Tegal) Penerimaan BLT di desa petunjungan di mulai pukul 13.00 WIB sampai Pukul 14.00 WIB. Di gedung lapangan Batminton, Lokasi di Samping Balai Desa Petunjungan Jum’at 13 Nopember 2020, Penerimaan BLT dengan tertip dan lancar Aman, dan mentaati Prokes (Protokol Kesehatan ), memakai Masker dan Menjaga Jarak,’’ ungkap Slamet.

Program BST juga bisa disalurkan melalui Kementrian Sosial (Kemensos),Pos Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan akan di berikan Kepada warga negara Indonesia (WNI) yang sudah atau terdaftar atau belum dalam Desa Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos. Berikut rincian: BST akan di transfer langsung ke rekening masing-masing penerima atau melalui PT Pos Indonesia dan Desa Setempat. Bagi yang memiliki sistem transfer rekening, berikut daftar rekeningnya : BRI, BNI, Mandiri dan BTN. Bagi yang tak punya rekening bank, ambil uang BLT melalu Kantor Desa Harus Menyerahkan Photokopi KTP dan Photokopi KK yang masih Berlaku atau Kantor Pos. Proses Pencairan Langsung Tunai (BLT) tahap 6 di balai desa petunjungan tidak di kenai biaya secara gratis,’’ Tandasnya/Red.
Penulis : ReporterJurnalissiberindonesia (Ags)

News Feed