oleh

GABUNGAN TNI-POLRI DAN INSTANSI PEMERINTAH LAKSANAKAN OPS YUSTISI PENEGAKAN DISIPLIN PROKES DI DESA-DESA SEKECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

Brebes: Camat Bulakamaba ,bersama TNI-Polri serta LSM GMBI dan Karangtaruna dan Di Bantu Mahasiswa dan Mahasiswi dari UPT ( Universitas Pancasakti Tegal) yang bertugas KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama satu bulan mulai Tanggal 2-Nopember- 2020 s/d 3-Desember 2020, di Desa-desa Kecamatan Bulakamba dan ikut kegiatan melaksanakan Ops Yustisi menerapkan 3M dalam pencegahan penyebaran COVID-19 serta membagikan Masker kepada masyarakat, lokasi kegiatan di jalan Desa Pakijangan dan jalan Raya Desa Pulogading Rabu 11 Nopember 2020 dan Kamis 12-Nopember-2020,Pukul .09.00WIB s/d selesai

Camat Bulakamba Sugeng Basuki beserta Koramil Bulakamba dan Kapolsek Bulakamba dan Trantib, LSM GMBI, Giat Ops yustisi Penegakan Disiplin dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19 sesuai Impres Nomor. 06 Tahun 2020, dan Perbub Nomor 46 Tahun 2020, tentang peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan Pengendalian , serta Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corono (COVID-19)

Ops gabungan TNI-Polri Beserta Camat Bulakamba beserta Trantib dan LSM GMBI, dalam Pelaksanaan kegiatan memberikan teguran kepada para pelanggar dengan cara .humanis.Melakukan penegakan disiplin bagi masyarakat yang tidak menggunakan Masker,di berikan Sanksi pilihan , Push Up, Bernyanyi, dan Melafalkan Pancasila. Menghimbau agar selalu mencuci tangan,dan mentaati aturan,Jaga jarak aman 1 – 1,5 meter, jaga kebersihan untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. ‘’Ungkat Sugeng Basuki

Penidakan langsung ini dipimpin langsung Camat Bulakamba Sugeng Basuki,SH,MM., dengan melibatakan puluan personel gabungan.Personel gabungan tersebut terdiri dari 2 anggota Polsek Bulakamba, 2 personel Koramil Bulakamba, 4 Personel Trantib Kecamatan Bulakamba, 2 Pesonel LSM GMBI dan 2 Personil Dari Karang Taruna Kecamatan Bulakamba.

‘’Camat Bulakamba Sugeng Basuki,SH,MM., mengatakan, puluan warga ditindak oleh petugas gabungan lantaran tidak mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan) dalam hal ini tidak menggunakan Masker. Penindakan ini dilakukan berdasarkan itruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Ksehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19,’’Katanya.

“Semoga dengan penegakan disiplin ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu mempedomani Prokes ( protokol Kesehatan dalam Kehidupan sehari-hari ditengah situasi pandemi COVID-19. Dengan disiplin masyarakat turut serta membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19,’’Ungkap Camat.

Selain melakukan penindakan langsung, kata Camat, petugas dilapangan juga menyampaikan imbauan sekaligus edukasi mengenai protokol Kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19. Dengan cara yang sederhana yakni ingat selalu 3M.

‘’Mari sama-sama kita cegah penyebaran COVID-19 dengan mepedomani 3M plus memakai Masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta tidak berkerumun,’’ imbuhnya. Camat menjelaskan Puluan warga yang ditindak langsung diberikan beragam penindakan mulai dari teguran lisan hingga sanksi fisik berupa Push Up.’’ Tegulan lisan 10 orang, 15 orang sanksi sosial mengucap Pancasila, dan 20 orang sanksi fisik berupa Push Up,’’tandasnya /Red.
Penulis : Reporter Juranalissiberindonesia (Ags)

News Feed