oleh

UPTD PUSKESMAS SIWULUH ADAKAN MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA ( MMD) GUNA DETEKSI KESEHATAN MASYARAKAT/WARGA DI DESA BANJARATMA KECAMATAN BULAKAMBA

-Berita, Sosial-34 views

WH Brebes : Selasa,( 10-Nopember -2020 ),Dalam rangka meningkatkan kualitas dan layanan kepada masyarakat khususnya warga kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes, Puskesmas Siwuluh mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) untuk mengetahui kebutuhan apa yang menjadi Prioritas Kesehatan di masing-masing Desa .Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) dilakukan di Desa Banjaratma yang dihadiri oleh warga yang berasal dari kader Kesehatan di tingkat RT dan RW.

Dr.Suparto Hary Wibowo,M Kes, ( UPTD ) Kepala Puskesmas Siwuluh, Mengatakan, Musyawarah Masyarakat Desa ini menjadi agenda dilakukan bulan nopember, Tujuan dari Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Puskesmas Siwuluh telah melakukan Survey Mawas Diri (SMD ). Di Desa Banjaratma Survey ada beberapa KK yang belum paham tentang Kesehatan. Hary Wibowo Berharap dari hasil Musyawarah ini pihaknya dapat meningkatkan layanan warga Kelurahan Banjaratma terutama masalah Kesehatan.

‘’Selasa, (10- Nopember- 2020) hari ini Musyawarah Masyarakat Desa untuk Kelurahan, Kita sudah melakukan Survey sebelumnya menemukan Kesepakan tentang masalah Kesehatan ,kalau di Desa Banjaratma ini tadi mengenai membuang sampah di area rumah masih banyak, di paska pandemi perlu tindakan, dan juga masalah DBD ,’’ Jelas Dr.Suparto Hary Wibowo,M.Kes,’’

‘’Sementara itu Kepala Desa Banjaratma Endang, sangat mendukung dengan adanya kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa ini nantinya dapat mengetahui kondisi Kesehatan Warganya,Telebih ditengah pandemik COVID-19 saat ini, Kepala Desa Banjaratma,terus mengawasi warganya untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan COVID-19 .Bahkan pihaknya mewajibkan gerakan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak, disetiap Kegiatan Warganya,”Jelasnya Endang”.

“Saya sangat mendukung penuh dengan Musyawarah Masyarakat Desa ini, Harapan saya bisa tau Kondisi Kesehatan Warga Banjaratma,Semoga juga tetap Menerapkan Protokol Kesehatan ditengah Pandemik COVID-19,’’ Ungkapnya Endang.

Dalam Musyawarah Masyarakat Desa ini, Tampak Hadir. Kepala Desa Banjaratma Ibu Endang. Dr.Suparto Hary Wibowo,M.Kes Kepala Puskesmas Siwuluh. Topik,AMK (PJ UKM ). Uji Rahayu,S.ST (Bikor). Enadang Retnowati F,SKM (Promkes). Tri Mochami,Amd.Keb ( Bidan Desa ) dan Tokoh Masyarakat serta Ormas dan Karang taruna Desa Banjaratma, Hasil Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Desa Banjaratma Prioritas Masalah.1. Kesehatan ibu dan Anak Pemecahan masalah : adanya PMT,PHBS. 2. Stunting, Adanya PMT Khusus Penyuluhan Kesehatan. 3. Kesehatan Lingkungan,Penyediaan air bersih,PHBS. 4.Tuberkulosis, Pembentukan Kader TB Pemantau. 5. Kesehatan Jiwa.

Tujuan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Masyarakat Mengenal masalah Kesehatan di wilayah. Masyarakat bersepakat untuk menagulangi masalah Kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Poskesdes. Masyarakat menyusun Rencana kerja untuk menanggulangi masalh kesehatan, Melaksanakan Desa Siaga dan Poskedes.
MMD adalah: Pertemuan Perwakilan Desa berserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survey Mawas Diri dan merencanakan Penaggulangan masalah
Kesehatan yang diperoleh dari Survey Mawas Diri (SMD).

Peserta MMD: MMD harus dihadiri oleh Pemuka Masyarakat,Petugas Puskesmas dan Sektor Terkait di tingkat Kecamatan /Desa (Seksi-seksi Pemerintahan dan Pembangunan BKKBN, Pertanian, Agama.

Paparan yang di sampaikan Bidan Desa, Tri Mochami,Amd.Kes Bidan Desa, Capaian Program KIA per Oktober 2020. K1 : 90.97%. K4 : 80%. Bumi Resti. Oleh tenaga Kesehatan : 43.87 %.Oleh Masyarakat : 22.58 %. Faktor usia di bawah ( 20 Tahun ) : 1 Bumil. Faktor Di atas ( 35 Tahun ) : 14 Bumil. KN1: 74.82 % . KN2 : 75.54 % . KN3 : 71.94 % .dan Persalinan NAKES : 72.79 %

‘’Rencana Tidak Lanjut (RTL) . 1. KIA. Melibatakan Pemerhati ibu dan anak ( BERLIAN ) Aanggaran Desa . 2. Stuting. Anggaran Desa. 3. Kesling.Pamisismas di sediakan tempat pembuangan sampah dan pengangkutanya .4. Anggaran Desa. 5. Keswa Koordinasi dengan dinas terkait baik RT/RW maupun PEMDES.

Dari hasil Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Desa Banjaratma di temukan beberapa data masalah Kesehatan yang perlu di tangani . diantaranya banyak nya warga yang membuang sampah sembarangan,dan merokok di dalam Rumah, Pemahaman dan pelaksanaan KB paska Persalinan dan juga Masalah DBD, ‘Pungkasnya /Red,’’.
Penulis : Reporter Jurnalissiberindonesia (Ags)

News Feed