oleh

KUNJUNGAN KAPOLDA JATENG DAN DIRGAKKUM KOORLANTAS POLRI DALAM RANGKA PENGAMANAN JALUR LALULINTAS LIBUR PANJANG DIWILAYAH KABUPATEN BREBES

Brebes, Pada Hari selasa tanggal 27 oktober 2020,Pukul 13.00-14.20 Wib, bertempat di GT Brexit Brebes Timur Kabupaten Brebes telah dilaksanakan Kungker (Kunjungan Kerja ) Asops Kapolri Beserta ,Bersama Kakorlantas Polri dalam rangka Pengecekan Pengamanan jalur dalam menghadapi Libur Panjang di Kabupaten Brebes,

Tampak Hadir dalam Kungker( Kunjungan Kerja ) Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs.Istiono ,MH. Kapolda Jateng Irjen Pol Drs.Ahmad Luthfi,SH,S.St MK. Dirgakkum Koorlantas Polri Brigjen Kushariyanto.MM.Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Drs.Firly Rusoang Samosir,M.Si.Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol M.Rudi Syafrudin.Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Budhi Haryanto,SIK.Dirbinmas Polda Jateng Kombes Siti Rondijah,S.Si. Dirpamobvit Polda Jateng Kombes Pol Drs.Budi Suprayoga,M.Si. Dirsabhara Polda Jateng Kombes Pol Haryadi,SH,MH. Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Rinanto,S.I.K,M.Si. Kabib Humas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna,S.I.K,M.Si. Dansat Brimob Polda Jateng Kombes Pol Basya Radyananda,S.I.K. Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto,S.I.K, M.HP.Kapolres Jajaran Eks Polwil Pekalongan. Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf.Edwin Samma Baratiku. PJU Polres Brebes.

“Rundown acara asops Kapolri Beserta Bersama Kakorlantas Polri diantaranya,Pada Pukul 13.50 Wib,Asops Kapolri Beserta Bersama Kakorlantas Polri dan Rombongan tiba di Pospam Gate Brexisit Timur Brebes Via Darat Jalur Tol. Pada Pukul 14.15 WIB.Asops Kapolri Beserta Bersama Kakorlantas Polri dan Rombongan meninggalkan Pospam Gate Brexsit Brebes timur menuju Jakarta Via Darat.

‘’Inti sambutan dan Arahan yang disampaikan sebagai berikut, Inti Pemamaparan Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Syahran Arman Achdiat,SIK .,M.Si Sebagai Berikut, Bahwa terkait pelaksanaan pengamanan libur panjang Tahun 2020 merupakan tindakan Kepolisian dengan mengedepankan kepada tindakan Preemtif dan Preventif terkait Adaptasi kebiasaan baru guna mencegah penyebaran COVID-19, Yang masih tinggi di Indonesia ,’’Ukapnya’’.

Bahwa terkait prediksi kemungkinan kepadatan arus Lalu Lantas pada jelang libur panjang , Polda Jateng sudah menyiapakan rekayasa Lalu lintas /Lantas.Terkait Giatan pelaksanaan Kontra Flow dan One Way Kami sudah berkoordinasi dengan Koorlantas dan dengan adanya,Exit tol sepanjang wilayah Penjagan-sragen sangat membantu pada saat terjadi kepadatan arus.

“Kapolda Jateng Irjen Pol Drs.Ahmad Luthfi,SH.S.St.M.K, Penyampaian sambutan , Bahwa pelaksanaan pengamanan libur panjang Tahun 2020 diwilayah Jawa Tengah dengan Tujuan memberikan rasa aman dan lancar serta situasi Kondusif dengan mengedepankan tindakan Preemtif dan Preventif guna Kamseltibcarlantas serta cegah COVID-19,’’Mestinya’’.

Berdasarkan Intruksi Presiden dalam rangka adaptasi kebiasaan baru dan peningkatan perokonomian warga masyarakat Polda jateng telah melaksanakan,Inovasi kegiatan yaitu Kampung Siaga Candi, Pesantren Siaga candi,wira usaha candi,dan Wisata candi, Bahwa libur panjang tersebut merupakan kebijakan Pemerintah yang menetapkan tanggal 28 dan tanggal 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2020. Sementara tanggal 31 Oktober dan 1 Nopember 2020 jatuh pada hari Sabtu dan Minggu yang merupakan libur akhir pekan. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang sejak lebaran Idul Fitri dan Idul Adha 2020 belum sempat pulang Kampung Akibat COVID-19.

‘’Sambutan Penyampaian Arahan Asops Kapolri Irjen Pol Drs.Herry Rudolf Nahak,M.Si sebagai berikut, Bahwa kami sangat mengapresiasi kesiapan Polda Jateng jelang Pengamanan libur panjang Tahun 2020 dan beberapa kegiatan maupun inovasi kegiatan yang telah dilaksanakan dimana keseluruhan kegiatan yang telah dilaksanakan dimana keseluruhan kegiatan tetap bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Tidak menutup kemungkinan beberapa hari kedepan ada peningkatan arus lalu lintas /lantas dan kerumunan massa Khususnya di obyek –obyek wisata .Harus adanya prosedur penerapan Protokol kesehatan yang sesuai sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19.
Pelaksanaan libur panjang Tahun 2020 diharapakan tetap mengedepankan langkah-langkah Persuasif dan Humanis,adapun penindakan hukum dilakukan yang paling Utama, ’’Pungkasnya /Red’’.
Penulis .Reporter Jurnalissiberindononesia (Ags)

News Feed