oleh

KESIAPSIAGAAN POLRES BREBES DALM MENGHADAPI BENCANA ALAM DI WILAYAH BREBES

-Berita, Ekonomi, Sosial-1.232 views

Brebres – Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana diwilayah Brebes tahun 2020, Apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang diikuti oleh TNI-Polri-Satpol PP-BPBD- Damkar-dan PMI – Senin ( 26-oktober-2020 ) di halaman Polres Brebes.

Pada hari Senin Tanggal 26-Oktober-2020 ,mulai pukul 07,00 sampai dengan 08,00 Wib,bertempat di halaman Mapolres Brebes telah dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Alam di wilayah Kabupaten Brebes yang dihadiri 300( tiga Ratus ) 0rang. Sebagai Pimpinan Apel Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto,S.I.K,M.HP dan sebagai Komandan Apel Kapolsek Wanasari AKP Mulyono,SH.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Brebes yang diwakili Kepala BPBD Kabupaten Brebes Bapak Nursi. Dandim 071/Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan.Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto,S.I.K.M.MP. Wakapolres Brebes Kompol Suryo Wibowo,S.I.K.Dansubdenpom IV/1-4 Brebes Kapten Cpm Budi H.Kasatpol PP Kabupaten Brebes Bapak Supriyadi. Perwira Jajaran polres Brebes. Anggota Kodim 0713/Brebes.Anggota Satpol PPKabupaten Brebes. Anggota Damkar Kabupaten Brebes. Anggota PMI Kabupaten Brebes.

Adapun susunan Pasukan , 1(satu) SST Perwira Polres Brebes. 1(satu) SSR Subdenpom IV/1-4 Brebes. 1(Satu) SST Kodim 0713/Brebes. 1(satu) SSK Polres Brebes. 1(satu) SSR Satpol PP Kabupaten Brebes. 1(satu) SSR Damkar Kabupaten Brebes. 1(satu) SSR PMI Kabupaten Brebes . 1(satu) SSR BPBD Kabupaten Brebes. 1(satu) SSR SAR Kabupaten Brebes.

“Sambutan Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto S.I.K. M.HP. Puji syukur kita panjatkan Kehadiran Allah SWT ,Tuhan yang Mha Esa , Karena atas limpahan rahmat dan Rindho-nya , pada pagi hari ini kita dapat menghadiri apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di kabupaten Brebes dalam keadaan sehat wal afiat.dalam Sambutanya Kapolres Brebes, Perlu diketahui bersama bahwa berdasarkan kalender Khamtibmas diwilayah Kabupaten brebes sering terjadi musibah bencana alam, diwilayah Kabupaten Brebes bagian selatan disaat masuk musim penghujan hampir beberapa Kecamatan diwilayah jalur selatan mengalami bencana tanah longsor seperti Kecamatan Tonjong,Kecamatan Sirampog,Kecamatan Bumiayu,Kecamatan Bantarkawung,Kecamatan Salem dan sedangkan untuk wilayah jalur tengah seperti Kecamatan Banjarharjo,Ungkapnya’’.

‘’Adapun musibah bencana banjir sering terjadi diwilayah kecamatan jalur Pantura seperti Kecamatan Brebes, Kecamatan Wanasari ,Kecamatan Bulakamba, Kecamatan Tanjung, Kecamatan Losari dan sedangkan wilayah jalur tengah di Kecamatan Tnggungan. Dengan memperhatikan beberapa bencna alam yang sering terjadi diwilayah Kabupaten Brebes baik bencana alam tanah longsor maupun Banjir, maka dari itu kita bersama-sama antara Pemerintah daerah Kabupaten Brebes bersama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada untuk meningkatkan soliditas dan sinergitas dalam melakukan penanganan bencana alam di kabupaten Brebes.

Akan tetapi upaya –upaya pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya berbagai macam bencana alam harus lebih dipriroritaskan, karena upaya pencegahan jauh lebih baik dari pada upaya penanggulangan.Mari kita bersama-sama dengan instansi terkait untuk melakukan langkah konkrit dalam menanggulangi berbagai macam bencana alam yang diperkirakan akan terjadi agar Kabupaten Brebes senantiasa dijauhkan dari segala macam bencana alam yang ada,’’Ucapnya’’
‘’Mengharapakan kepada seluruh Masyarakat dan warga, yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat Kecamatan dan kelurahan hingga Kabupaten.

Gatot Meningkatakan kapasitas sumberdaya manusia melalui gabungan penanggulangan bencana dalam penanggulangan bencana tentunya sangat diperlukan edukasi tentang penanggulangan bencana Kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam mengahadapi bencana apabila terjadi,’’Pungkasnya/red’’
Penulis , Reporter Jurnalissiberindonesia(Ags)

News Feed