oleh

KUNJUNGAN KERJA MENTERI KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN.

Brebes, Kamis (22-oktober-2020) Dalam rangka padat karya penanaman “Mangrove Pulau Cemara Brebes” sebagai upaya memulihkan & memperkuat ekonomi nasional, sekaligus peningkatan kualitas lingkungan hidup, ketahanan bencana, dan perubahan iklim, kementrian koordinator bidang kemaritiman dan investasi, pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan mengadakan Forum Bersama menjaga Hutan Indonesia

Kamis Tanggal 22-oktober -2020 pukul 08.25 sampai 12.30Wib bertempat di Obyek wisata Pulau Cemara Desa Sawojajar dan Pendaratan Hely di PT.Nasmoco Desa Klampok Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes telah dilaksanakan Kunjungan Kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan), Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan RI (Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar, M.Sc) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (Dr. Edhy Prabowo ,SE.MM.MBA) dalam Rangka padat karya penanaman Mangrove guna pemulihan ekonomi Nasional dengan didampingi Muspida Kabupaten Brebes dengan di hadiri 250 orang Undangan.

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan Menteri antar lain. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia RI Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar.M.Mc. Menteri Kelautan dan Perikanan Dr.Edhy Prabowo,SE.MM.MBA. Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE,Sos. Danrem 071/WK Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin. Dandim 0713/Brebes Letkol Arm M.Haikal Sofyan. Kapolres Brebes AKBP Gatot Yuliyanto,SIK.MHP. Forkopinda Kabupaten Brebes. Kadin/Instansi Kabupaten Brebes.

Pada Pukul 08.25 sampai dengan 09.25 Wib Rombongan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI beserta staf didampingi Muspida Kabupaten Tiba di Lokasi Pulau Cemara melaksanakan Kegiatan meninjau pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat karya Mangrove,penanaman Mangrove. Dan Penyerahan Bantuan Truck sampah,Motor Sampah Roda 3, Penyerahan Bank Hutsos, Penyerahan Bibit Produktif Kepada kelompok Tani serta Buku Tabungan PEN KPM kepada kelompok Tani.

“Adapun inti sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar,M.Mc menyampaikan. Kedatangan kita ke Kabupaten Brebes dalam Rangka Kunjungan kerja, menemui Masyarakat untuk mendengarkan Kondisi masyarakat dan kami juga akan memberikan Motivasi dan pelatihan untuk membantu masyarakat agar lebih produktif.

Banyak ditingkat daerah dan masyarakat yang merasa kesulitan dengan perijinan Khususnya ijin Amdal untuk dimulainya usaha mereka,kondisi tersebut membuat banyak masyarakat yang membatalkan niatan usahanya, oleh karena itu kami akan berusaha mensosialisasikan aturan tersebut ( Aturan sudah dirubah dan dipermudah ).
Amdal itu dikeluarkan untuk pelaku bisnis yang memiliki usaha dengan resiko tinggi terhadap lingkungan kesehatan dan keselamatan.

Presiden menekankan agar para Menteri berkerja keras, tujuan utamanya adalah agar masyarakat sejahtera,bentuk kesejahteraan indikatornya adalah adanya pergerakan atau perputaran perkonomian dimasyarakat.

“ Sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan RI antara lain, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman agar dapat menggerahkan masyarakat pesisir ( Nelayan,Petani tambak ) lebih Produktif, diantaranya kami akan memberikan pelatihan kepada para masyarakat terkait pengelolahan lahan pesisir seperti lahan potensial agar dibuat tambak dan yang tidak produktif ditananmi pohon Mangrove.

Saat ini banyak petani tambak yang hanya mengandalkan bibit udang atau Ikan dari Bantuan Pemerintah selanjutnya disebar dan dipanen dalam kurun waktu empat (4) Bulan tanpa dirawat dan dikasih makan, hal ini menunjukan bahwa para petani tambak masih kurang mahir dalam mengelola tambak.Kedepan pemerintah akan memberikan pelatihan sehingga para petani tambak akan lebih modern dalam mengelola tambaknya, dengan pengelolaan intensif atau modern hasil yang di dapatkan jauh lebih besar.

Pada Pukul 09.05 sampai dengan 09.10 Wib, Rombongan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI beserta Staf didampingi Muspida Kabupaten Brebes Menuju ke Lapangan PT Nasmoco Desa Klampok Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes untuk menjemput Menteri Koordinator Maritim dan Investasi ( Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan )

Pada Pukul 10.42 sampai dengan 11.00 Wib. Rombongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI ( Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan ),Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI ( Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar,M.Sc ) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia RI (Dr.Edhy Prabowo, SE.MM.MBA) di dampingi Forkopinda kabupaten Brebes tiba dilokasi Penanaman Mangrove Pulau Cemara dengan jalur air naik Perahu dari Dermaga Obyek Wisata pulau Cemara.

Adapun Kegiatan Kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar ,M.Sc) Dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia RI (Dr. Edhy Prabowo SE.MM.MBA) di dampingi Forkopinda kabupaten Brebes , Kegiatan Menteri Penananman Mangrove di pulau Cemara, dan menyapa masyarakat penanam Mangrove.

Sambutan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi RI Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan , Menanam Bibit Mangrove yang kita tanam di Pulau Cemara sekitar 600 ribu di tanam sampai empat (4) tahun kedepan . Mangrove mengandung karbon sehingga baik sekali untuk kelangsungan hidup di daerah pesisir pantai, di samping itu juga Mangrove dapat menahan adanya Abrasi dan Rob atau pasang surutnya Air laut.

‘’Diharapkan nantinya Mangrove yang kita tanam akan menjadi habibat dan pertumbuhan ikan atau kekayaan laut yang akan meningkatkan pertumbuhan Ekonomi masyarakat pesisir.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI ( Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan )Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan RI ( Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar, M.Sc ) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia RI (Dr. Edhy Prabowo SE.MM.MBA) di dampingi Forkopinda Kabupaten Brebes kembali menuju Pendaratan Heli di Lapangan PT.Nasmoco. Selanjutnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Jendral Purn Luhut Binsar Panjaitan) Langsung Menuju semarang menggunakan Heli,’’ Pungkasnya. (ags/red)

News Feed