oleh

KADES BULAKPAREN GELAR OPERASI GABUNGAN TNI-POLRI DAN TRANTIP BULAKAMBA PENEGAKAN DISIPLIN MEMAKAI MASKER

Brebes  : Reporter Kabiro Jateng Jurnalissiberindonesia. Com  (Ags) Kamis (8-oktober -2020) hari ke delapan  Pemerintah Desa (Pemdes ) Bulakparen, Kecamatan Bulakamba ,Kabupaten Brebes, menggelar operasi  disiplin memakai masker dan pembagian masker kepada warga di wilayah Desa Bulakparen, Kamis ( 8-10-2020 ) pukul 12.30 WIB.

Saat di temui , kades Bulakparen Sunarto , yang biasa di sapa Narto  mengatakan operasi masker di Desa Bulakparen, Warga Bulakparen sudah sadar dan sudah disiplin memakai masker, dalam operasi di desa Bulakparen ada beberapa orang yang tidak memakai masker, tim gabungan TNI-Polri dan Trantip serta di bantu Tim petugas Gugus bulakparen dan perangkat desa, kedapatan 6 orang  yang tidak memakai masker langsung kita beri Sanksi ,Bernyanyi dan ada pula yang membacakan Pancasil dan pula yang kita beri Sanksi Push Up, ‘’Kata Narto.

 ‘’Keapala Desa Sunarto Mengatakan, Program desa dalam menjalankan dan melanjutan program Intruksi Presiden RI  Nomor 6 Tahun 2020, Tentang gerakan Ayo Memakai Masker dan Gerakan setengah Miliar Masker untuk Desa Bulakparen  COVID-19.

Narto menerangkan, Gelar Operasi Gabungan ini,intinya Desa diwajibkan pengadaan masker dua buah kali jumlah warganya dengan menggunakan Dana Desa . Kemudian desa juga mencarikan dua buah Masker lagi untuk warganya Desanya dengan Swadaya atau gotong-royong warga dan masyarakat  yang peduli, Ayo memakai Masker.

“Operasi  Penegakan disiplin ini salah satunya bertujuan mengingatkan warga untuk terus mentaati protokoler Kesehatan , Yaitu dengan memakai Masker ketika keluar rumah, Sementara pembagian masker ke warga adalah program dari Pemerintah Pusat,’’Kata Narto.

Narto Menambahkan,dengan adanya pembagian Masker di masa Pandemi COVID-19 ini, diharapkan masyarakat dapat  membiasakan diri untuk selalu memakai Masker sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

‘’ Yang penting  bagi desa tetap memahamkan Kepada warganya untuk mematui Protokol Kesehatan  karena warga belum sepenuhnya mematuhui protokol Kesehatan secara maksimal  keluar rumah tidak memakai Masker,’’Tambahnya.

Ditambahkanya lagi, Operasi gabungan TNI-Polri Serta Trantib dan tim Tugas Gugus Dari Desa, Operasi penegakan disiplin memakai masker terhadap warga juga sesuai Intruksi Presiden, dan melibatkan Gugus Tugas COVID-19 tingkat Kecamatan dan Desa.

“Kgiatan penegakan disiplin ini menjaring  warga yang tidak memakai masker ketika keluar rumah, sesuai inpres ada sanksi yang akan mereka dapatkan, baik Sanksi Sosial maupun Materi,’’ tambahnya.

Sunarto menyampaikan kepada warga , penegakan dissiplin dengan memakai masker harus menjadi kesadaran sendiri setiap warga, tidak hanya memakai masker ketika ada operasi dari TNI-Polri ,Dan Pol PP  serta tim gugus tugas.

‘’Memaki Masker itu menjadi keharusan Warga ,dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19, Yang saat ini masih tinggi di negara Indonesia , ada tanpa adanya operasi, secara sadar warga memakai masker setiap kali keluar rumah.

‘’Dengan di adankanya Razia Masker, Kami sangat berterima kasih kepada jajaran Tim gabungan TNI-Polri Kecamatan Bulakamba ,Kabupaten Brebes ,Kami selaku Kepala Desa Bulakparen Sunarto, kami lihat secara langsung bersama staff perangkat Desa ,satgas gugus di tingkat Desa, memahami dan mengedukasi  warga kami betapa sangat pentingnya kita kalau keluar rumah harus memakai Masker ,’’ Ucap Sunarto.

Selain penindakan terhadap warga yang melanggar pada saat kegiatan ,petugas dari kepolisian dan koramil juga memberikan sanksi ringan kepada warga yang kebetulan lewat saat kegiatan mengendarai sepeda montor tanpa memakai  memakai masker,meskipun memakai helm tetap kena sanksi, Kata Mbak gugus Tugas Desa.

‘’Saat operasi kedapan 6 orang warga yang tidak memakai masker dikenai sanksi ringan di suruh mengucapkan  tesk Pancasila oleh petugas kepolisian karena ke enam orang warga kami kebetulan tidak memakai Masker,’’pungkasnya. (Ags/red)

News Feed