oleh

PROYEK SALURAN AIR IRIGASI PERTANIAN DARI P3A DESA PETUJUNGAN BULAKAMBA BREBES 2020 Rp.195.000.000

-Berita-60 views

Brebes. Dalam Petunjungan Rehabilitasi Irigasi ,Harapan Petani Bertahan Di musim kemarau, Pemerintah indonesia melalui kementrian pertanian ( Kementan) terus berupaya mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

Ratusan Hektar ( Ha ) Lahan untuk penanaman padi dan bawang sawah diwilayah desa petujungan bulakamba brebes tersebut diakuinya mengandalakan air irigasi.

Peningkatan  saluran irigasai dari siring alam menjadi siring permanen memudahkan petani membagi air agar bisa digunakan untuk menanam padi,dan bawang sayuran dan sebagainya .

Saat kemarau warga desa Petunjungan , sebagian petani diakuinya bahkan melakukan proses perbaikan sejumlah saluran air yang kering.

Pemerintah pusat melalui kementrian PUPR  menglontorkan dana

Rp.195.000.000. ke desa atau kelurahan  di  kecamatan bulakamaba kabupaten Brebes  jawa tengah. Ada delapan Desa di kecamatan Bulakamba ,Kabupaten Brebes , Desa Petunjungan ,Desa Bulusari. Desa Kluwut. Desa Pulogading. Desa Racawulu.Desa Bulakparen. Desa Grinting. Desa Bulakamba. Anggaran yang sama, Bantuan dari Propinsi P3A Rp.195.000.000.

Hal tersebut diungkapkan Kepala desa Petunjunagan  Slamet Tohani ,saat di temui dilangan oleh reporter Warta Hukum yang bertugas dilapangan  hari Rabu ( 30=9-2020.)

Pelaksanaan pembangunan saluran Irigasi ini merupakan Bantuan dari pemerintah pusat yang disampaikan kepada kami,’’

Kepala Desa petujungan Slamet Tohani  ,Tahun ini 2020 mendapatkan bantuan dari P3A Propinsi  proyek berupa pembangunan jaringan irigasi desa ,dari pusat, Saluran irigasi yang dibagun memiliki panjang 250 meter dengan anggaran sebesar Rp. 195.000.000.

“Nantinya kalau sudah sudah selesai, saluran irigasi ini dapat menjaga ketersediaan  air agar area persawahan yang ada diwilayah kami selalu mendapatkan pasokan air yang cukup,’’Kata kepala desa Petujungan,  saat di temui Reporter di lokasi kegiatan pembangunan, Rabu (30-9-2020).

Kepala Desa Slamet Tohani  Optimis ,setelah ada bantuan dari Propinsi pusat ,hasil panen dari sawah milik petani petunjungan dapat meningkat dari peningkatan kuantitas panen ini dipicu oleh ketersediaan air ke areal persawahaan milik warga dan masyarakat bisa mengaliri persawahan 100 hektar.

“Musim panen itu ada waktunya , Sedangkan kebutuhan makan,minum,biaya sekolah anak,dan bayar listrikitu tidak bisa ditunda-tunda. Makanya kami harus meningkatkan produktivitas untuk menambah pendaptan ,’’tutur Slamet

Pekerjaan pembangunan irigasi tersebut dilaksanakan oleh desa dengan jangka waktu 45 hari kalender. mandor proyek selalu mengedepankan kualitas pekerjaan dan kejujuran.

“Amanat ini akan kami jalankan dengan sebaik-baiknya .Hasil pekerjaan yang baik akan memperpanjang umur bangunan irigasi,’’kata mandor.

Menurutnya ,di Desa petujungan merupakan daerah Produktivitas pertanian ,sehingga ini menjadi perhatian dalam peningkatan ketahanan pangan,

Pembangunan Saluran irigasi ini di bangun tanah milih pengairan pemerintah , maka kami selaku pemerintah Desa , kepala desa berupaya keras bisa megembalikan tanah saluran yang sebelumnya buntu dan saluran Air di ditanami Bawang oleh petani, Alkamdulilah Warga masyakat desa petujungan sadar dengan adanya pembangunan saluran Air Irigasi ,’’Tutur Slamet Tohani.

Slamet Tohani bisa  membantu ,dan biasa memperlancar akses pertanian yang bertahun –tahun  para petani tidak bisa mengaliri sawah dengan lancar, dengan adanya bantuan Dari propinsi P3A , saluranAir  irigasi ini, masyarakat desa petunjungan sangat berterimaksih kepada kepala desa  Petujungan  yang bertahuan-tahun menunggu adanya saluran air irigasi,  Petani bersyukur bisa mengaliri sawah dengan lancar ,adanya bantuan saluran irigasi  ini sangat bangga, sebelum adanya bantuan irigasi, para petani hanya bisa mengandalakan air dari curah hujan,

“Saluran  Air Irigasi ini untuk mengaliri sekitar 100 hektar  area pertanian warga ,semoga dengan saluran irigasi  yang baik maka produktivitas pertanian semakin meningkat, Pungkasnya. ( As/Ags )

News Feed