oleh

Awal Tahun 2020, Polda Jatim Amankan Kilogram Narkoba Dan Pelaku Jaringan Internasional

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Direktorat Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Jawa Timur dan Jajaran sepanjang bulan Januari 2020 berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika sebanyak 50, 927 gram sabu telah disita dan berikut sejumlah 779 pelaku dapat diamankan.

“Mereka sudah kita ditetapkan sebagai tersangka yang merupakan pelaku sindikat peredaran narkoba pada jaringan internasional Malaysia. Yakni Chee Kim Tiong dan Lau Chu Hee yang masing-masing kedapatan membawa sebanyak 14 kg sabu. Awal tahun 2020 ini pada minggu terakhir Ditresnarkoba Polda Jatim beserta Jajaran dapat mengungkap sindikat narkoba asal Negara Malaysia sebanyak kurang lebih 50 kg sabu,” ujar Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan, didampingi Dirresnarkoba, Kombes Pol Sentosa Ginting Manik bersama Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dan beberapa anggota lain saat menggelar Konferensi Pers di Mapolda Jatim, Senin (3/1/2020).

Dijelaskan, modus bisnis haram yang dijalankan 2 (dua) pengedar tersebut sama terhadap sindikat pelaku jaringan internasional lainnya yang pernah ditangkap pada daerah lain adalah, di kemas serbuk kristal sabu dengan menggunakan pembungkus pada cap merk teh Cina. Kemudian, sambung Kapolda jumlah poket sabu ini mereka tersangka di bawa ke Indonesia, Jawa Timur menggunakan kendaraan dipakai melalui jalur darat, maupun jalur laut diantaranya, mulai Negara Myanmar, Malaysia (Kuching), Pontianak, dan Pangkalan Bun. “Jadi, Pangkalan Bun langsung masuk melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” ungkap Irjen Pol Luki.

Ia menambahkan, adapun barang bukti yang telah disita keseluruhan oleh Polda Jatim dan Polres Jajaran di bulan Januari 2020 masing-masing yaitu, menyita 6 kg sabu, 12 kg ganja, 1.776 extacy, dan 1.553 butir golongan IV, serta 310 ribu butir golongan daftar G dengan diamankan sebanyak 712 tersangka,” imbuhnya.

Irjen Pol Luki juga menyebutkan Ditresnarkoba Polda Jatim sendiri turut menyita sebanyak 44 kg sabu, dan 1 kg ganja, beserta 1.103 butir extacy dapat disita. “Kita juga mengamankan golongan IV sebanyak 40 butir, hingga 213.779 butir daftar G berikut menangkap sebanyak 67 tersangka,” pungkas dia. (yti/mnf/wj)

News Feed