oleh

Kapolres Bojonegoro : Saling Menghormati Antar Sesama Pemeluk Agama Dan Jaga Kamtibmas Bojonegoro

Bojonegoro – Aparat gabungan dari Polres Bojonegoro dan Polsek Bojonegoro Kota, pada Sabtu (25/01/2020) laksanakan pengamanan perayaan tahun baru Imlek 2020 atau tahun 2571 Kongzili, di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro, yang merupakan pusat peribadatan sekaligus pusat perayaan tahun baru Imlek umat Konghucu di Kabupaten Bojonegoro.

Setidaknya 145 personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan perayaan Imlek di kelenteng Hok Swie Bio yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto Bojonegoro selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu, yang dipimpin oleh Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Bojonegoro, Komisaris Polisi (Kompol) Teguh Santoso SE, selaku koordinator pengamanan.

Kapolres Bojonegoro, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Budi Hendrawan SIK MH, kepada awak media ini menerangkan bahwa pengamanan perayaan tahun baru Imlek tahun ini menjadi atensi dari pimpinan Polri, di mana agar warga masyarakat terutama warga keturunan Thionghoa atau umat Konghucu yang hendak merayakan tahun baru Imlek, merasa aman dan tenteram, tanpa adanya gangguan kamtibmas. Pada intinya Polres Bojonegoro siap melaksanakan pengamanan tahun baru imlek jangan sampai adanya tindakan yang mengarah ke tindakan intoleransi yang berpotensi menimbulkan konflik sosial atau komunal.

“Pengamanan perayaan tahun baru Imlek tetap menjadi prioritas pihak Kepolisian, agar situasi keamanan di Bojonegoro tetap aman, kondusif dan tidak ada kegaiatan yang berbau intoleransi,” tutur AKBP M Budi Hendrawan, ditemui awak media ini, Jumat(24/01/2020).

AKBP Budi Hendrawan menambahkan bahwa sesuai dengan ijin keramaian yang diajukan oleh pihak Kelenteng Hok Swie Bio ke Polres Bojonegoro, bahwa dalam perayaan tahun baru Imlek 2020 di Kabupaten Bojonegoro akan mengadakan serangkaian acara yang mulai digelar sejak Jumat (24/01/2020) dan dilanjutkan dengan perayaan pada Sabtu (25/01/2020).

“Kami harap warga masyarakat Bojonegoro bisa saling menghormati antar sesama pemeluk agama dan bersama-sama menjaga kamtibmas di Kabupaten Bojonegoro,” tutur Kapolres.

Sementara dari pantauan awak media ini di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Swie Bio Bojonegoro, pada Sabtu(25/01/2020), kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek diawali dengan kegiatan ibadah atau sembayang oleh umat Konghucu. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pertunjukan seni barongsai dengan berkeliling dalam Kota Bojonegoro.

Selain warga keturunan Thionghoa atau umat Konghucu yang sedang merayakan tahun baru Imlek, tampak juga warga masyarakat yang turut menyaksikan kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek di Kelenteng Hok Swie Bio dengan pertunjukan barongsai.(red)

News Feed