oleh

Tim Jogo Boyo Jatanras Polda Jatim Bekuk Pelaku Upal USD Dolar, 1 Pelaku Lainnya Buron

jurnalissiberindonesia.com, Pelaku MY, akan dijerat Pasal 244 KUHPidana sebagaimana dimaksud barang siapa meniru atau memalsu mata uang atau kertas yang dikeluarkan oleh Negara atau Bank untuk mengedarkan mata uang atau uang kertas sebagai asli dan tidak di palsu bakal terancam hukuman pidana paling lama 15 tahun penjara.

Dalam aksinya, pria berumur 53 tahun asal Jember Jawa Timur berhasil dibekuk Tim Opsnal Jogo Boyo Polda Jatim pada sebuah Hotel kawasan Jalan Mayjen Sungkono, Kecamatan Dukuh Pakis, Kota Surabaya, Rabu (18/12), lalu dengan menyita sejumlah barang bukti beberapa bendel mata uang palsu (Upal) USD dolar Amerika

“Penangkapan tersangka MY warga Surabaya ini sebelumnya, kita mendapati laporan informasi di duga kerap kali adanya transaksi jual beli mata uang palsu (upal) dolar USD di sebuah tempat Hotel tersebut. Hasil informasi itulah, kita tindaklanjuti secara penyelidikan dan terbukti benar bahwa, tersangka akan melakukan transaksi yang totalnya sebanyak pecahan mata uang 100 USD dolar 10 bendel. “Aksi tersangka ini tidak sendirian, namun melainkan bersama seorang temannya perempuan berinisial ST asal Solo Jawa Tengah yang kini masih buronan anggota kami,” kata Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol R Pitra Andrias Ratulangie, S.S., S.I.K., didampingi Kabid Humas Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., bersama Kasubdit III Jatanras Kompol Oki Ahadian Purwono, S.I.K., M.H., serta Kanit V Kompol M. Aldy Sulaeman, S.I.K. M.Si., Senin (6/1/2020).

Kombes Pol Pitra menuturkan modus operandi tersangka MY yaitu, mendapatkan mata uang upal USD dolar dari rekannya yang kemudian telah di jual kepada seorang dari Jakarta seharga Rp. 8 ribu/per dolar. “Kita belum mengetahui dari pada identitas yang pembelinya itu, hingga kami lakukan pengembangan penyidikan lebih dalam terhadap tersangka,” ujarnya saat menggelar Konferensi Pers di halaman Ditreskrimum Polda Jatim.

“Selain mata uang Upal pecahan 100 USD dolar sebanyak 10 bendel, kita juga mengamankan 1 buah tas warna hitam tempat menyimpan upal dolar, dan 1 buah handphone jenis android yang semuanya dijadikan sebagai barang bukti,” imbuh Kombes Pol Pitra. (yti/wj)

News Feed