oleh

Gelar Rakor Ops Lilin Semeru 2019, Polda Jatim Kerahkan Belasan Ribu Lebih Personel Gabungan

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Polda Jawa Timur menggelar pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Ops Lilin Semeru 2019 yang bertempat di Gedung Mahameru. Pelaksanaan Rakor tersebut membahas pengamanan menjelang pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang diikuti oleh Kapolda dan Wakapolda Jatim, beserta pejabat utama Polda Jatim, hingga bersama pejabat Forkopimda Jatim.

“Adapun pengamanan pada pelaksanaan Ops Lilin Semeru 2019 kita kerahkan sebanyak 11 ribu lebih personel Polri dan tergabung anggota dari TNI sebanyak 1.420 personel, dengan perbantuan sejumlah 3 ribu lebih dari jajaran samping Forkopimda serta sebanyak 3.454 dari elemen masyarakat,” kata Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (16/12/2019).

Dikatakan, pihaknya berupaya agar pelaksanaan Nataru 2019 berlangsung aman, karena di Jawa Timur sempat terjadi pada tahun sebelumnya adanya aksi terorisme. Maka itu, kami sampaikan jangan ada tindakan sweeping terhadap simbol tertentu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat dan kelompok tertentu,” tutur Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan.

Selama pelaksanaan menyambut Nataru, sambung Kapolda pihaknya akan melakukan kunjungan ke beberapa Gereja. “Kita akan kunjungi Gereja untuk sampaikan pesan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), dan memberikan pengarahan kepada jemaat agar tetap menjaga kondusifitas di wilayah Jawa Timur.

Selain itu, Irjen Pol Luki menyarankan bahwa untuk melakukan pengamanan serta menjadi perhatian bagi seluruh Jajaran Polres dan Forkopimda Kota/Kabupaten dalam antisipasi pengamanan selama Perayaan Nataru,” tukasnya. (yti/wj)

News Feed