oleh

Ketua Pengadilan Tinggi Jatim Lantik 32 Sumpah Advokat Muda

-Berita, Sosial-173 views

jurnalissiberindonesia.com – Proses setelah pelaksanaan menempuh pendidikan khusus profesi advokat (PKPA) pada bulan lalu, kini dari organisasi Persatuan Advokat Indonesia Jawa Timur (Peradin Jatim) menggelar pengangkatan sumpah yang di lantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur.

Diketahui, pelaksanaan sumpah yang dihelat bertempat di Aula Gedung Pengadilan Tinggi Jatim, Jalan Sumatera No. 42 Gubeng, Surabaya, Rabu (11/12), kemarin ada sebanyak 32 advokat muda sebagai peran memiliki fungsional dalam penyelenggaraan pendidikan khusus profesi, dan pengangkatan ujian, serta pengawasan terhadap para advokat.

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur Dr. H. Herri Swantoro, S.H., M.H. mengatakan sebelum pengambilan sumpah advokat, kemudian pasca pengambilan sumpah mereka harus melalui proses jenjang yang di laluinya dengan pengucapan sumpah ini.

Bahkan, dalam menangani persoalan perkara misalkan menang atau kalah itu proses penegakan hukum pidana dan perdata tersebut merupakan hal yang biasa, karena melalui persidangan terbuka untuk umum terutama adalah, harus bertanggung jawab.

“Kami percayakan mereka pasca dilantik tertanam jiwa idealisme untuk menegakkan hukum dan keadilan dengan sebaik-baiknya,” tutur Herri Swantoro.

Ia menyampaikan bahwa, mereka setelah dilantik sumpah advokat muda mudah-mudahan dapat bisa mewarnai penegakan hukum khusus di Jawa Timur. Tentunya, advokat yang baik dapat memahami proses materi hukum yang dikuasai.

“Mereka akan faham hukum acara, hak kepada klien dan sekaligus faham aturan yang ditegakkan oleh organisasi mereka masing-masing,’ imbuh Herri Swantoro.

Selain itu, Ketua Peradin Jatim Tjuk Hariono, S.H. menuturkan agar seluruh advokat muda yang usai di ambil sumpah pihaknya berharap selama menata karir dan kesekian banyak akan bermunculan advokat yang mempunyai skill lebih. Oleh sebab itu, Ia menyebut bahwa, harus menunjukkan sikap tanggung jawab selama menjalankan pendampingan terhadap klien dan pembelaan untuk kepentingan hukum para pencari keadilan,” ujarnya. (mnf/wj)

News Feed