oleh

Gebyar Inovasi dan Teknologi 2019, Pemprov Jatim Permudah Akselerasi Pembangunan

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar Gebyar Inovasi dan Teknologi yang dilaksanakan pada hari ini sampai dengan 28 November 2019 selama 3 hari bertempat di Dyandra Convention Center Surabaya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur Agus Wahyudi, S.H., M.Si menuturkan, kegiatan gebyar tersebut pihaknya sudah melakukan 2 kali, dan di tahun 2019 ini sekaligus membantu pad akselerasi pembangunan dalam pemberantasan kemiskinan yang biasanya waktu muda, pasti mereka sangat inovatif. Maka, itu perlunya diawasi oleh Pemerintah.

“Kebutuhan masyarakat seperti ini akan menjawab semua tantangan dimasa akan datang, serta inovasi dalam peserta gebyar kali ini belum terlalu banyak dipatenkan, serta mempunyai Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). 

Hal demikian, melindungi karya mereka yang kemudian dilakukan pendataan oleh Badan Penelitian Dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jawa Timur,” ujarnya, Selasa (26/11/2019).

Disampaikan Agus, karena dari Dinas Balitbang Provinsi Jawa Timur memiliki program akan memberikan pengalaman dan pendanaan untuk mengurus paten karya masyarakat. Informasi apapun mereka miliki atau punya hari ini, oleh karena itu, pihaknya berjanji bahkan, kalau pasti mempunyai nilai ekonomis, akan di belinya. Hingga mereka tetap mendapat royalti. Tetapi, selagi inovasi hak paten untuk dijadikan industri akan mereka kuasai sendiri.

“Kami terapkan pada program Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ada 3 pokok masing-masing, yaitu pengentasan kemiskinan, menanggulangi desa yang tertinggal, dan penanganan stunting.

Dalam 3 hal pokok ini, Agus menyebutkan, pihaknya berharap ada inovasi yang akan disiapkan pada tahun 2020. “Kami harapkan, akan dilakukan penerapan, bahkan dapat mampu menghapus dari pada desa tertinggal,” tuturnya. (yti/wj/mnf)

News Feed