oleh

Bupati membuka Pembinaan dan Pengembangan Perikanan di Kecamatan Bubulan

Bojonegoro- Ikan merupakan sumber hewani yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sehingga ikan memiliki manfaat yang banyak sebagai sumber gizi bagi manusia. Maka dari itu kebutuhan manusia akan ikan juga cukup besar sebagai pemenuhan gizi. Hal ini menjadi peluang bagi masyarakat untuk menjadikan potensi ekonomi dengan membudidayakan ikan untuk kemudian dijual sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat. Maka dari itu pemkab Bojonegoro menggelar Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Perikanan Tahun 2019 kepada kelompok PAC Muslimat Kecamatan Bubulan (25/11). Acara hari ini dihadiri pula oleh Bupati Bojonegoro, Dinas Peternakan dan Perikanan, jajaran Muspika Kecamatan Bubulan, serta PAC Muslimat Kecamatan Bubulan.

Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Drh. Catur Rahayu K., M. Si menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 40 orang dari 5 ranting, dan kegiatan ini berlangsung 2 hari. Hari pertama dilaksanakan kegiatan paparan teknis budidaya lele, praktek pembuatan kolam terpal, serta memberikan bahan percontohan terdiri dari terpal, contoh pakan, benih ikan lele sebanyak 2000 ekor. Kemudian dihari kedua kita akan mengadakan kunjungan di kelompok perikanan di Banjarsari kecamatan Trucuk. Selain itu kegiatan ini untuk memberikan semangat agar para perempuan mampu untuk mengembangkan diri melalui usaha perikanan. Selain itu untuk memberikan keterampilan kepada ibu tentang budidaya ikan lele. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para ibu untuk bisa menggali potensi dari ibu untuk berwirausaha. Pembentukan kelompok adalah untuk mendeliver atau melaksanakan program-program dari pemerintah kabupaten. Diharapkan setelah kegiatan ini akan ada hasil dari pelatihan ini. Jangan sampai setelah pelatihan kelompok yang sudah terbentuk tidak langsung bubar. Tapi harus ada tindak lanjutnya dari kegiatan ini. Sehingga ibu-ibu bisa mandiri dalam berwira usaha. (red)

News Feed