oleh

BBM Subsidi Solar Langkah, ESDM Provinsi Jatim dan Pertamina Jamin Aman

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur bersama Pertamina tetap terus melakukan pemantauan terkait pad kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar bisa di tangani dan stok BBM solar tersebut pada seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) pihaknya menjamin aman.

“Kita lakukan monitoring pemantauan terus-menerus untuk sampai ke jaringan ke tingkat Kabupaten, oleh karena itu kami selalu kompak bersama pihak Pertamina jangan sampai terjadi hanya gara-gara satu SPBU yang stok telat, sehingga membuat masyarakat panic buying (pembelian dipicu rasa khawatir terbatas barang akan dibeli-red) dan dengan kabar yang beredar jangan sampai menakutkan bisa mengganggu perekonomian ini, tidak hanya Jawa Timur, termasuk juga Nasional. Jadi, kami membeckup penuh Pertamina dengan adanya unit kreasi cepat yang senantiasa bersama quick responnya untuk menyelesaikan persoalan ini,” kata Kepala Dinas ESDM Jatim, Setiajit saat diwawancarai awak media usai memberikan keterangan pers diruangan Binaloka Pemprov Jatim, Senin (18/11/2019).

Disampaikan, BBM solar maupun Premium yang bersubsidi itu hanya boleh di beli bagi yang berhak, sedangkan terhadap kendaraan mobil berplat hitam dan berplat merah itu tidak boleh membeli Premium dan Solar, maka harus membelinya dengan alternatif yaitu, BBM Pertalite atau Pertamax, kemudian kalau BBM Solar ada Solar Dex, dan Dexlite. “Jadi kalau misalnya, nanti ada yang mengetahui plat merah membeli Solar Bersubsidi segera laporkan kepada kami,” tegas Setiajit.

General Manager (GM) PT. Pertamina MOR V, Werry Prayogi menambahkan, pihaknya menjamin agar tidak terjadi panic buying karena yang informasi mungkin tidak terlalu pas. Mungkin informasi kouta pengendalian edaran BBM saat itu, dan sempat terjadi pada 2 lokasi yang dianggap pengetatan. Maka kami kurangi sedikit-sedikit sehingga ada rekan organda yang bersuara untuk pembatalan surat edaran tersebut termasuk organda yang dipertimbangkan oleh Pemerintah, jadi pemicunya seperti itu, imbuhnya.

Werry Prayogi menambahkan, ada industri yang tidak berhak mendapat BBM bersubsidi, dan mencari yang bersubsidi, dengan paling mudah mencarinya pada SPBU. sehingga pihaknya mencoba meminimalisir untuk mengurangi, sebab itu tidak berhak mungkin untuk kapal yang berada di daerah pantura masih banyak beredar. “Kami berjanji aman untuk tahun ini tersedia tidak ada kelangkaan BBM sama sekali kalaupun terjadi trobel di beberapa daerah akan kita buat tarik ulur mana yang terdapat pada stok BBM itu,” jelasnya.

Karena, sambung Werry Prayogi pihaknya mempunyai beberapa terminal besar pada stok BBM tersebut. “Ada di Daerah Tuban, Surabaya, dan Banyuwangi, sedangkan terminal BBM kecil di wilayah Malang dan Madiun itu juga subnya, tetapi jangan sampai khawatir kalau terjadi ada kelangkaan,” pungkasnya.

Reporter: yti/mnf
Design/Editor: Wijianto, SM

News Feed