oleh

Pasar Beras Bendul Merisi Ludes Terbakar, Ini Penyebabnya

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Pasar Bendul Merisi Surabaya, Sabtu (16/11), siang tadi ludes terbakar. Terjadi kebakaran tersebut mulai pukul 10.30 WIB diduga penyebab adanya seseorang membakar sampah pada samping batas tembok Pasar Beras yang menyambar kabel listrik disekitar. Mengetahui peristiwa ini petugas Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Kota Surabaya 15 unit mobil kloneng dari beberapa pos meluncur ke lokasi.

Pantauan dilokasi, tampak api bersama kepulan asap warna hitam melalap beberapa stan kios Pasar Beras, kemudian petugas Damkar berjulukan Romy Sableng 112 upaya melakukan pemadaman si jago merah dengan pembasahan.

Saksi mata selaku driver Ojek online (Ojol) menjelaskan pada lokasi kejadian bahwa, pada tempat itu ada sampah yang terbakar. Kemudian, ada tangga yang menempel pada tembok turut ikut terbakar. 

Mengetahui tangga tadinya terbakar lanjut Pria umur 62 tahun warga Jalan Ubi VIII/16 Surabaya, seketika turut panik memanggil orang-orang di sekeliling situ dan ada lubang tembok bersebelahan ada air untuk dilakukan penyiraman tapi, sebelumnya di atas tembok begitu di siram ada konsleting listrik.

“Saya ikut panik, turut membantu sambil lari ke arah kios stan Pasar Beras Bendul Merisi.di depan, tahu-tahunya api sudah membesar dan asap mengepul besar,” kata Sumarno, Sabtu (16/11/2019).

Disebutkan, pemicu adalah awal dari pembakaran sampah, lalu merembet ke arus listrik yang konslet tadi,” ucap Sumarno saat diwawancarai oleh jurnalissiberindonesia.com.

Sementara, Irul selaku Ketua RW VIII Gadung, mengatakan bahwa, pihaknya mendapat kabar adanya kebakaran pada Pasar Beras Bendul Merisi Surabaya dari petugas pasar. Sesampai dilokasi ada seseorang saksi mata tukang ojol yang tahu persis kejadiannya. “Kami terima infonya ada seseorang yang membakar sampah dari luar pagar tembok, akhirnya api merembet ke dalam pasar,” ujarnya.

Untuk lokasi yang terbakar, masih kata Irul ada sekitar 250 meter dari beberapa tempat kios stan di area bongkar muat, totalnya kurang lebih ada 800 meter yang hangus terbakar. “Kios Stan jual beli barang bekas ada penitipan mobil berjumlah 6 unit mobil ludes ikut terbakar,” jelasnya.

Reporter: yti/mnf
Design/Editor: Wijianto, SM

News Feed