oleh

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah Launcing 1000 Gerakan Penanganan Stunting

Bojonegoro.Tiga puluh persen anak balita di Indonesia terancam kondisi stunting yang dapat menghambat pertumbuhan fisik maupun perkembangan kemampuan kognitif dan intelektual anak.Kondisi stunting disebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan asupan nutrisi selama 9 bulan saat anak di dalam kandung ibu atau selama masa pertumbuhan kritis, yaitu 1.000 hari pertama dalam hidup anak.Gawatnya, kekurangan gizi pada masa kanak-kanak berkonsekuensi bukan saja di usia kecil anak, tetapi berdampak pada sepanjang hidupnya.

Untuk menanggulangi stunting di Bojonegoro, Bupati Anna Muawanah melauncing 1000 Gerakan Penanganan Stunting.ribuan peserta dari kecamatan dibojonegoro memadati lapangan desa Sidobandung Kecamatan Balen Bojonegoro Rabu (23/10).

Dalam sambutanya Bupati dihadapan para camat,kades dan tim penaggulanagan Stunting mengatakan , ditahun 2020 kabupaten Bojonegoro harus ada penurunan, maka diharapkan supaya tim nanti harus .melakukan gearak cepat” kita harus gerak cepat dalam menanggulangi stunting. maka saya minta untuk para camat dan kesra kecamatan untuk segera melakukan pendataan”tegas Bupati Anna.

Juga dalam sambupatanya bupati mengatakan Stunting ini bisa memengaruhi kapasitas belajar pada usia sekolah, nilai dan prestasi sekolah, upah kerja pada saat dewasa, risiko penyakit kronis seperti diabet, morbiditas dan mortalitas, dan bahkan produktivitas ekonomi.

Dalam sambutanya Bupati dihadapan para camat,kades dan tim penaggulanagan Stunting mengatakan , dalam tahun 2020 kabupaten Bojonegoro harus ada penurunan, maka diharapkan supaya tim nanti harus .melakukan gearak cepat” kita harus gerak cepat dalam menanggulangi stunting. maka saya minta untuk para camat dan kesra kecamatan untuk segera melakukan pendataan”tegas Bupati Anna.

Bukan itu saja bupati Bojinegoro ini juga mengatakan dalam menanggulangi stuting ini harus menyamaan presepsi , dengan demikian semangat itu bisa menekan jumlah stunting di Bojonegoro.

Dalam satu tahun ini menurut laporan dari dinas kesehatan terdapat 800 anak balita yang perlu mendapat penanganan,dalam acara tersebut bupati Annna juga memberikan santunan berupa makanan sehat kepada para balita.

Acara yang dihadirii Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, Plt.Sekda Abimanyu, Kepala Kemenag serta para camat ini diakhiri sengan penandatanganan ikrar bersama dalam menanggulani Stunting di Bojonegoro.(tri/red).

News Feed