oleh

Libatkan Ribuan Personel Jelang Pelantikan Presiden RI, Irjen Pol Luki: Adakan Parade Merah Putih

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Bertempat di lapangan Mako Kepolisian Daerah Jawa Timur (Mapolda) Jatim, Jum’at (18/10/2019) seluruh personel anggota baik Polri dan TNI bersama pejabat Forkopimda Jawa Timur menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada tanggal 20 Oktober 2019.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan saat diwawancarai wartawan mengatakan, kegiatan ini kita laksanakan bersama Wakapolda dan seluruh pejabat utama (PJU) Polda Jatim, serta dihadiri juga oleh Pangdam V Brawijaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang diwakili oleh, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M. hingga seluruh anggota personel TNI AD, Marinir, Brimob, Dalmas, Ditpolairud, Ditlantas Polda Jatim, Satpol PP, bahkan seluruh Tenaga Medis Kesehatan, Danlanudal, Pasmar Surabaya. “Kita tekankan saat pelaksanaan selama pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI tidak adanya untuk membawa senjata api (Senpi),” jelas Irjen Pol Luki Hermawan.

Menurut dia, pihaknya menggelar kegiatan tersebut dalam waktu tinggal 2 hari lagi dengan melibatkan ratusan hingga ribuan personel baik Polri maupun TNI. “Kita juga melibatkan hampir ada sebanyak 800 orang personel, dan di beckup bantuan kendali operasi (BKO) dari satuan TNI dengan stanby pada masing-masing mako,” tutur Irjen Pol Luki kepada jurnalissiberindonesia.com.

Selama pengamanan berlangsung, sambungnya pihaknya membagi tugas para personel Polda Jatim sebagian langsung untuk diterjunkan berpatroli bersama dengan anggota TNI. “Kita sudah hampir seminggu ini melaksanakan patroli bersama di Jawa Timur untuk menjelang kesiapan pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, jadi semua personel Polri maupun TNI telah siaga 1,” tegasnya.

Luki Hermawan menuturkan, dengan itu kita memerintahkan ke para Jajaran Polres, bersama dari Pangdam V Brawijaya mengerahkan satuan jajaran Korem dan Kodim untuk menggelar apel gelar pasukan. “Kita libatkan kalau jumlahnya seluruh se-Jawa Timur total ada 1.700 personel,” sebutnya kepada media ini.

Ditambahkan Luki, selain itu, pihaknya juga melibatkan para tokoh masyarakat (Tomas) dan tokoh agama (Toga) pada masing-masing daerah. “Kita libatkan semua pada tempat titik tertentu pengamanan hampir semua tiap Kabupaten/Kota secara merata, dan kita akan mengadakan Parade Merah Putih yang diikuti masyarakat Jawa Timur pada Minggu (20/10) besok sekitar pukul 07.00 WIB, pagi. Jadi masing-masing ada 4 titik antara lain, di Gunung Ijen dan Gunung Bromo, serta Jembatan Suramadu dan Tugu Pahlawan Surabaya,” pungkasnya.

Reporter yti/07
Design/Editor: Wijianto, SM.

News Feed