oleh

Peringati Haul Eyang Singonoyo, Pemdes Sukurejo Gelar Basar dan Jalan Sehat

Bojonegoro, Dalam rangka memperingati Haul Eyang Singonoyo , Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo menggelar acara haul Eyang Singonoyo, yang berlangsung mulai Kamis 11 sampai tanggal 19 oktober 2019 , Haul digelar di Pertigaan Makam Kembar Eyang Singonoyo Jalan Brigjend Sutoyo Desa Sukorejo Kecamatan/Kabupatan Bojonegoro.

Menurut
Kasi pelayanan Desa Sukorejo Masruhan (48) haul Eyang Singonoyo ini sudah menjadi tradisi warga dalam mengenang cikal bakal desa Sukorejo.
Masruhan menjelaskan bahwa eyang Singonoyo adalah salah satu mirid dari sunan Gunung Jati, dalam pengembaraanya untuk menyebarkan agama islam ditanah jawa akhirnya eyang singonoyo yang bernama raden Subkhan atau Raden Mas Ngadi Joyo Kusumo ini mendapat tanah dari bupati pertama di Bojonegoro Pengeran Mas Tumapel diwilayah Rajekwesi, dan eyang Singonoyo ini menempati tanah Sukorejo .”Jadi Eyang Singonoyo itu mendapat tanah dari Bupati pertama, dan menjadi cikal bakal bumi Sukorejo ini”jelas Masrunhan pada awak media.

Haul kali ini dalam beberapa hari ke depan, akan ada berbagai kegiatan. selain bazar yang ikuti warga Sukorejo juga ada tampilan seni bela diri RASA serta seni tanjedor.
Seperti diketahui Desa Sukorejo memiliki kesenian Pencak Silat dari peninggalan leluhur Eyang Singonoyo, yaitu pencak Silat RASA (Rukun Angudhi Santosoneng Anggo) .

Pencak silat ini dikembangkan oleh keturunan Eyang Singonoyo dari Bpak Achmadi Almarhum,kepada Bapak Sulaiman dan sekarang diteruskan oleh sepupunya pak Soelaiman yaitu Moch.Sholikin.
Kesenian Pencak RASA ini berdiri tahun 1948 hingga sekarang, warisan leluhur dari peninggalan jaman belanda ini berkembang hingga sampai luar daerah bahkan sampai keluar pulau jawa.
Dalam puncak acara Haul Eyang Singonoyo pemerintah desa akan menggelar jalan sehat yang akan diikuti oleh semua warga Sukorejo.(tri/red).

News Feed