oleh

Akhir Gebyar Expo BB 152 Unit Kendaraan Dikembalikan, Tersisa 600 Unit

jurnalissiberindonesia.com Surabaya – Terlaksana selama 5 hari Minggu (29/9) ini, Gebyar Expo Pengembalian barang bukti (BB) hasil kejahatan Polda Jawa Timur telah berakhir ditutup. Kegiatan tersebut juga dihadirkan beberapa tarian tradisional yang diwakili oleh Polres jajaran serta hiburan musik band dan dangdut.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan bersama Dirkrimum Kombes Pol Gidion Arif Setyawan dan didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho menjelaskan, pihaknya setelah diadakan kegiatan gebyar expo pengembalian BB ini, menyampaikan ucapan terima kasih ke panitia atas terselenggaranya dan seluruh Polres jajaran telah mendukung mengikuti bersama. “Kami dapat laporan total ada sebanyak 152 BB kendaraan yang ditemukan oleh pemilik,” kata Irjen Pol Luki, Minggu (29/9/2019).

Irjen Pol Luki menambahkan, sisanya yang belum dapat ditemukan BB kendaraan pihaknya mencoba ke depan dalam pengembalian barang bukti karena, ini baru pertama kali akan dilakukan pencarian barang bukti melalui Elektronik Barang Bukti (E-Barbuk), yang bertujuan agar dapat melalui aplikasi online sehingga memudahkan pencarian BB. “Kami upaya agar masyarakat dapat mencari kendaraan yang hilang. Selain itu, upaya mengkoordinasikan ke Polres lain, dan ke Polda lain,” tuturnya.

Selanjutnya kata Kapolda, karena ini tidak menutup kemungkinan barang bukti kendaraan di hanya berasal Jawa Timur, namun melainkan berasal dari Polda lain. Sebab, beberapa masyarakat banyak mengunjungi yang berasal Jawa Tengah, Solo, Jogja dan banyak sekali yang datang kesini. “Kegiatan ini termonitor oleh seluruh Indonesia banyak yang menanyakan dengan pergerakan lintas cukup cepat terutama R2 dan R4,” terang Irjen Pol Luki kepada jurnalissiberindonesia.com.

Dikatakan, pihaknya akan memerintahkan anggota reserse untuk koordinasi dan bakal dibuatkan aplikasi online agar masyarakat dapat mencari kendaraan tersebut. Misalnya, barang bukti dapat ditemukan ada di Polda Jawa Timur, atau Polresta Sidoarjo maupun Polres lain. “Kami akan buatkan, ini dalam rangka memberikan kepercayaan Polri kepada masyarakat sehingga menuju pelayanan prima dan memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Irjen Pol Luki menyebutkan, bagi BB untuk kendaraan yang masih ada sekitar 600 unit. “Kami akan kembalikan ke Polres jajaran dengan pendataan pada Noka (Nomor Angka) dan Nosin (Nomor Mesin) agar untuk dimasukkan ke aplikasi online,” ujarnya.

Reporter: yti/07
Design/Editor: Wijianto, SM

News Feed