oleh

Ini Penjelasan Dirlantas Polda Jatim Terkait Launching Smart Sim Baru

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya РLaunching Smart Sim Baru, Ditlantas Polda Jawa Timur bakal dilaksanakan pada 22 September 2019 yang bertepatan dengan HUT Lantas Bhayangkara ke 64.

Peluncuran Smart Sim tersebut merupakan sebagai multi fungsi antara lain yaitu, dapat digunakan pembayaran, sebagai peruntukan ATM, dan terdapat Attitude Record bagi pemegang atau pemilik Sim.

Pihaknya menjelaskan bahwa, adanya pembaharuan Smart Sim adalah, bentuk pelayanan kepada masyarakat dengan perkembangan ilmu teknologi dan perkembangan dari jaman ke masa untuk memberikan keselamatan. Perkembangan yang baru Smart Sim tersebut untuk memperoleh Sim dilakukannya melalui proses kompetensi berupa, ujian teori maupun praktek, pemeriksaan psikologi dan lain sebagainya,” kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Budi Indra Dermawan, S.I.K., M.M., usai memimpin rapat internal di Gedung Patuh Lantai 2 Mapolda Jatim, Jum’at (13/9/2019).

Dia menuturkan, adanya Smart Sim baru nanti akan mengetahui bagi pemegang Sim yang melakukan pelanggaran. “Jadi nanti nilai poin pelanggaran, maka dengan mengetahui nilai pelanggaran pada titik tertentu sebanyak sampai 12 kali, maka masa berlakunya akan habis, serta kedepan, nantinya akan seperti itu,” ujar Kombes Pol Budi Indra kepada jurnalissiberindonesia.com.

Kombes Pol Budi Indra menyebut bahwa, bagaimana dengan tanggal 22 September 2019, sebelumnya sim yang masih berlaku lama masih dapat digunakan, namun begitu 22 September sudah diberlakukan Smart Sim. “Misalnya begini, kalau pemilik Sim masa berlakunya habis 2 tahun, maka saat perpanjangan akan mendapat Smart Sim itu,” ungkap Perwira Polisi tiga melati dipundaknya.

Terkait isu blangko Sim kosong pihaknya mengatakan, blangko Sim ini sebenarnya tidak kosong. Memang sekarang blangko Sim didistribusikannya nanti ke yang baru ini. Kapan, ya nanti setelah tanggal 22 September tersebut.

Maka, bagi masyarakat akan membuat pembaharuan Smart Sim baru, sayang kan kalau mereka bikin baru, 2 (dua) bulan lagi akan keluar peluncuran Smart Sim. “Jadi bagi masyarakat yang sudah terlanjur membuat sim baru, maka kami memberikan bukti resi, untuk blangko ini ada, begitu 22 September akan kita sebarkan, cuma sementara, kita belum berikan, karena masih menunggu launching dari Bapak Kapolri (Jenderal Polisi Tito Karnavian) dan Korlantas Polri,” tutur Kombes Pol Budi Indra.

Dia menambahkan, terkait sosialisasi kepada masyarakat baginya belum mengetahui peluncuran launching Smart Sim tersebut pihaknya akan segera melakukan sosialisasi ke para Jajaran Polres. Pertama kita sampaikan terkait sosialisasi itu ke para Kasatlantas dan ini sudah kami kumpulkan rapat, maka mereka akan lakukan sosialisasi tentang penggunaan fungsi Smart Sim ini. “Memang selama ini masih banyak secara menyeluruh belum kita lakukan sosialisasi yang di dengar masyarakat, justru malah hoaxnya yang sudah didengar kenapa, saat sosialisasikan program Smart Sim kita carikan moment yang tepat saat dapat bisa digunakan. Bahkan, besok Senin dari beberapa Polres Jajaran yang mempunyai Satpas akan di panggil ke Korlantas Polri untuk menyamakan persepsi tentang Smart Sim, sehingga saat launching peluncuran Smart Sim tersebut tidak ada masalah.

Kemudian, bagi masyarakat yang berkeinginan memakai Smart Sim silahkan saja, cuma kan sayang kalau masa Simnya masih 2 tahun lagi mereka memperpanjang, berarti kepotong dong jangka 2 tahun dan bisa juga di anggap Sim baru kalau memperpanjang, terhitung tanggalnya mulai sejak itu yang dihitung sampai 5 (lima) tahun kedepan serta hingga di dalam Attitrack Record mencatatkan kalau ada pelanggaran, kecelakaan sudah ada poin akan bisa berkurang dan semua terdata di Korlantas Polri,” paparnya.

Mengenai fasilitas Smart Sim baru, pihaknya menyatakan masih belum bisa memberikan keterangan secara langsung. “Nanti, tanggal 22 September akan kita jelaskan lagi, maka kami masih belum dapat memberikan penjelasan spesifik, hanya gambaran secara garis besar saja, bahkan nanti akan di berikan informasi lagi,” tukasnya

Reporter: Haryati
Design/Editor: Wijianto, SM

News Feed