oleh

Bupati Gresik Sambari Lantik 264 Kades Terpilih Berlangsung Khidmat

-Berita, Politik-153 views

jurnalissiberindonesia.com, Gresik – Pengambilan sumpah dan pelantikan 264 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kades (pilkades) serentak di laksanakan bertempat di halaman parkir Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bupati Gresik, Senin (9/9/2019).

Pelantikan tersebut di pimpin oleh Bupati Sambari Halim, bersama didampingi Wakil Bupati, Moh Qosim dan diikuti Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gresik Abdul Qosir serta seluruh pejabat Forkopimda se Kabupaten Gresik berlangsung khidmat.

Bupati Gresik, Sambari Halim berpesan kepada ratusan kepala desa dan undangan menyampaikan bahwa, pihaknya mengucapkan terima kasih ke para kepala desa yang telah dilantik. Maka bagaimanapun, kades ialah merupakan miniatur pemerintahan di lingkungan desa. Kades sebagai cerminan pemerintahan secara keseluruhan. “Kalau semua Kades bagus, maka kecamatan akan bagus, demikian pemerintahan kabupaten juga bagus, dan sampai pemerintahan pusat pun akan bagus,” katanya.

Dengan demikian, sambung Sambari banyaknya kades yang baru dilantik perlu adanya pembekalan bagi para kepala desa. “Kalau ada anggaran, kami akan melaksanakan pembekalan para kepala desa baru. Mereka harus dibekali tentang aturan dan perundangan, pembekalan administrasi pedesaan, dan administrasi penggunaan dana desa,” tutur Bupati Gresik.

Menurutnya, Sambari Halim menyebutkan ada 4 hal yang perlu ketahui dan dilakukan para kades yang baru menjabat, yaitu transparansi, akuntabilitas, pelibatan seluruh masyarakat desa, dan disiplin tertib administrasi. Selain itu, pihaknya mengingatkan agar para kades yang baru dilantik ini untuk melupakan masa lalunya.

“Masa lalu itu yang kami maksud disini agar melupakan apa yang telah dikeluarkan saat mengikuti kontestasi kepala desa beberapa saat lalu. Lupakan, berapa uang dan tenaga yang dikeluarkan,” pesannya.

Sambari menambahkan, pihaknya juga berharap Jangan menginginkan kembalian dana serta tenaga yang sudah dikeluarkan. Yang terpenting harus merangkul semuanya. Lebih-lebih terutama ke para calon kepala desa yang tidak terpilih beserta tim suksesnya. “Kami sampaikan agar meminta sepulangnya dari pelantikan ini para kades yang telah dilantik untuk bersilaturahim kepada seluruh masyarakat desa,” tukasnya.

Reporter : yti/fz
Design/Editor : Wijianto, SM

News Feed