oleh

Ganti Rugi Atas Pembangunan Apartement, Warga Wadul ke Dewan Surabaya

-Berita, Politik-203 views

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Rapat dengar pendapat (RPT) hearing Komisi C DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Surabaya, membahas sebanyak 29 warga terdampak atas bangunan Apartement Gunawangsa Tidar.

Warga Asem Bagus, Asemrowo, Kota Surabaya mengadu ke DPRD Kota Surabaya untuk kaitan dampak pembangunan Apartement Gunawangsa Tidar yang menuntut pada bangunan rumah yang ditempati terdapat tembok mengalami keretakan, dan atap genteng, serta tempat ibadah mengalami kerusakan.

Hal tersebut, Syaifuddin Zuhri Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya mendesak kepada Apartement Gunawangsa Tidar agar dapat menyelesaikan permasalahan warga.

“Pelaksanaan pembangunan sebagian yang menyisakan belum diselesaikan oleh pihak Apartement Gunawangsa Tidar. “Kita perintahkan pihaknya dengan Dinas terkait untuk melakukan koordinasi dampak ditimbulkan kegiatan pembangunan. Hal ini sudah clear ya, baik secara pertanggung jawab untuk melakukan bantuan akibat tempat ibadah yang terkena dampak sudah mendapat membantu,” sebutnya, Kamis (22/8/2019).

Masih kata Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya, pihak Apartement Gunawangsa Tidar telah mampu memberikan dan meringankan beban warga yang pernah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam penertiban diatas sungai yang dijadikan akses jalan.

Perwakilan Direktur, Apartment Gunawangsa Tidar Junaedi Gunawan saat diwawancarai

Pada pelaksanaan normalisasi itu, semestinya merupakan tanggung jawab dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPBMP) Pemkot Surabaya dalam menjawab keinginan warga untuk menjadi fungsi jalan yang sesuai surat Dinas DPMBMP Pemkot Surabaya, kepada camat untuk disosialisasikan melakukan peningkatan normalisasi peningkatan fungsi sungai maka, itu bisa dilakukan dan mampu untuk diwujudkan oleh Dinas DPMBMP Pemkot Surabaya bekerjasama dengan pihak Apartement Gunawangsa Tidar. “Karena semuanya sudah menjadi tanggung jawab, maka akan terbantukan dari pada kepentingan umum,” tutur Syaifuddin Zuhri politisi partai PDI Perjuangan.

Ia berharap dengan kaitannya Apartement Gunawangsa Tidar data keterangan yang keselip dalam kajian adanya keretakkan akibat dari zona agar segera dilaksanakan,” tegas Syaifuddin Zuhri.

Perwakilan Direktur, Apartment Gunawangsa Tidar Junaedi Gunawan menjelaskan bahwa, pihaknya tetap melaksanakan dari pada pendanaan, karena ada perintah fungsi jalan itu untuk kepentingan bersama dan dari awal kita membangun akses jalan untuk kepentingan bersama, bahkan terus terang dari dana itu kami kurang ya, maka, itu kalau warga sudah mengetahui itikad, kami tidak ada pemikiran yang aneh-aneh, tadinya saat hearing diruangan sempat diteriakkan dengan perencanaan penggusuran itu, mohon maaf sampai ada kelepasan emosi, terus terang kami merasa di fitnah, tapi yang sudah clear ya sudah.

“Seperti janji kami selalu mengutamakan yang damai dulu, dan ini supaya bisa jadi jalan terakhir, dan kami sampaikan berdasarkan data keterangan yang ada,” terang Junaedi Gunawan.

Kaitan warga menuntut maka, pihaknya berprinsip memang pada aturan hukum. Jadi, kalau kami yang berbuat dan menyebabkan kesusahan bagi orang lain maka, tidak keberatan untuk ikut membantu tapi, sisi lain memang ada batasan karena, tidak mungkin bisa diminta dan semuanya kami angkat. “Hanya memegang dari pada hukum dan aturan supaya tahu kewajiban kami sampai mana dan sisa adalah kewelasan hati,” bebernya

Ia berpesan bahwa, kalau tempat ibadah ada efek dari pada kerusakan maka, Junaedi bakal siap bertanggung jawab untuk memberikan bantuan. “Kami, siap membantu tempat ibadah apalagi dengan berkaitan Tuhan, kami gak akan kurang sama sekali,” tuturnya.

Reporter : Haryati
Editor : Wijianto, SM

News Feed