oleh

Pesan Wali Kota Surabaya di Hari Raya Idul Adha 2019

jurnalissiberindonesia.com, Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama keluarga dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 1440 H yang diikuti oleh ribuan umat muslim di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, Minggu (11/08/2019).

Usai menjalankan sholat Idul Adha, Wali Kota Risma kemudian bergeser menuju tempat penyerahan hewan kurban.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Surabaya Risma berpesan, bahwa peduli dengan orang miskin sangat diperlukan, karena sebagian harta yang dimiliki adalah hak milik mereka. Untuk itu, jika terus berbagai maka tidak akan terjadi kesenjangan sosial terlalu jauh.

“Mari kita bersama-sama untuk peduli, karena ini impactnya sangat luar biasa. Dan salah satu cara agar menciptakan kota yang aman,” katanya.

Dia mengatakan, ketika saat ibadah haji dahulu, jamaah dilarang membunuh hewan apapun. Menurutnya, ini karena kehendak Tuhan yang menciptakan perbedaan. Ada hewan, tumbuhan dan manusia.

“Tuhan ingin kita menjadi manusia yang bijak dengan menghargai perbedaan itu dan tidak menyakiti siapapun. Itu yang harus kita renungkan bersama,” pesan Risma.

Pada momen lebaran ini, pihaknya mengimbau semua warga yang menyembelih hewan kurban, agar menjaga kebersihan daging hewan serta lingkungan. “Jangan sampai ada yang sakit karena kurang higienis, jadi mari dibersihkan kotorannya dan jangan dibuang di sungai,” sebutnya.

Risma berharap warga Kota Surabaya tidak menggunakan sampah plastik. Maka, oleh karena itu, pihaknya sudah menyiapkan daun untuk dibagikan ke tempat penyembelihan hewan kurban.

“Kami sudah menyiapkan daun di kediaman, untuk dibagikan ke tempat kurban,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pada tahun ini pihaknya menyerahkan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 44 ekor kambing. “Dari 16 sapi itu, 6 (enam) diantaranya diberikan warga eks lokalisasi dolly. Serta sisanya akan kami sebarkan ke masjid di wilayah Kota Surabaya,” tukasnya.

Reporter: Haryati

Design/Editor: Wijianto, SM

News Feed