oleh

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Pengelola Wisata Tetap Buka

-Berita-215 views

Bandung- Erupsi Gunung Tangkuban Parahu lBandung Barat – Gunung Tangkuban Parahu erupsi dan meletupkan abu vulkanik pada Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Pengelola Wisata PT. GRAHA RANI PUTRA (GRPP) melalui direktur utama Putra Kaban menjelaskan akan melihat situasi, bila dianggap tidak membahayakan hari ini tempat tersebut akan dibuka untuk wisatawan ” Kalau hari ini situasi normal tetap kita akan buka” jelas Putra.

Putra Kaban juga menjelaskan ,sejak tahun 2012 lalu pihaknya sudah membuat kesepakatan dalam kesepakatan tersebut pihak Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Giologi (PVMBG) dalam lesepakatan tersebut PVMBG hanya memberikan rekomendasi,sementara itu PT.GRPP memiliki kuasa untuk membuka atau menutup kunjungan TWA Tanguban perahu.

Sementara itu menurut Kabid Mitigasi Gunung Merapi PVMBG Hendra Gunawan menjelaskan letusan kemaren bersifat Freatik,kombinasi antara uap air dan semburan lumpur. dan menurut perhitungan resiko dan bahanya masih dilevel 1.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu kembali terpantau pada Senin (22/7/2019). Berdasarkan pengamatan PVBMG visual gunung api tampak jelas.

Asap kawah utama bertekanan lemah hingga sedang dan teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. Dari hasil rekaman seismograf PVMBG 21 Juli 2019 terpantau terjadi 425 kali gempa Hembusan.

Sementara itu terjadi 2 kali gempa Tremor Harmonik, 3 kali gempa Low Frequency, 3 kali gempa Vulkanik Dalam dan 3 kali gempa Tektonik Jauh.

Walaupun dalam level 1 diharap para pengunjung,pendaki dan warga sekitar diharapkan tidak menuruni dasar kawah Ratu dan Kawah upas.(red)

News Feed