oleh

Pengemudi Panik, Diduga Arus Listrik Korsleting Mobil Minibus Terbakar

jurnalissiberindonesia.com, Kediri – Mobil penumpang jenis mini bus bernomor polisi (nopol) AG-518-GV terbakar tepatnya berada di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) di Jalan Penanggungan, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Sabtu (6/7) sekitar pukul 22.00 WIB, malam.

Mobil penumpang mini bus tersebut di kemudikan oleh Ardha Farnani Aslam (25), warga Desa Turus, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.

Diungkapkan selaku Perwira Pengawas (Pawas) Polsek Mojoroto, Ipda Sartono saat berada di TKP menyebutkan mobil yang dikemudikan oleh Ardha melaju dari arah utara atau dari Jalan Kawi menuju Jalan Penanggungan, namun setelah melewati simpang empat Jalan Veteran itu, kemudian dari arah bagian kap depan mobil terdengar suara kedip.

“Jadi begini, pada bagian kap depan terdengar adanya suara kedip, dan juga dari keterangan pengemudi laju mobil tidak seperti biasanya. Namun di karenakan khawatir, maka si pengemudi ini segera mengarahkan laju mobilnya ke sisi kiri atau sebelah timur jalan,” ungkapnya,

Ipda Sartono menuturkan pengemudi mencoba memeriksa bagian mesin, setelah dibuka kap mobil diketahui, ternyata api sudah menyala dari arah mesin. Pengemudi yang belum sempat memeriksa lebih detail, Namun api menyala merembet pada bagian bodi mobil. Dengan paniknya, pengemudi segera menyelamatkan diri dan hingga tidak mengalami luka-luka.

Namun, beruntung dokumen penting tersimpan dalam tas berupa surat izin mengemudi (SIM) masih dapat terselamatkan. Sontak dengan kejadian itu membuat para pengendara lainnya melintas terkejut dan upaya menyempatkan diri melihatnya. Selang tak lama sari pada Mapolsek Mojoroto dengan tanggap tiba di lokasi kejadian, serta selanjutnya untuk segera berkoordinasi dengan pihak Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Kediri,” ujarnya.

Kemudian, sambungnya satu unit mobil kloneng api dapat berhasil dipadamkan kurang lebih 30 menit, setelah dilakukan pembahasan.

“Penyebab terjadinya api yang membakar mobil minibus ini dari korsleting listrik atau penghubung arus pendek. Dikarenakan berada bagian mesin yang sehingga api cepat membesar, selain itu juga ada aliran bahan bakar minyak berupa bensin dari tangki mobil tersebut,” tutur Ipda Sartono.

Beruntung, kata Sartono dari pengemudi dapat segera menyelamatkan diri, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp. 120 juta. Selanjutnya kejadian ini dilakukan proses penyelidikan dan pemeriksaan lebih dalam petugas Mapolsek Mojoroto berkoordinasi ke petugas Unit Laka Satlantas Polres Kediri Kota. (fz/wj)

News Feed