oleh

Peringati HUT Bhayangkara ke 73, Kapolres Terima Pusaka Dari Bupati

-Berita, Budaya-668 views

Bojonegoro, Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. peringatan hari HUT Bhayangkara yang ke-73 diBojonegoro tahun ini sangat berbeda. bertempat di Kayangan Api Desa Dander Bojonegoro ratusan anggota kepolisian Polres Bojon egoro bersama Forpimda dan tokoh masyarakat melaksanakan tasyakuran .

Dengan dikemas sangat apik yang dipoles oleh Dinas Pariwisata Bojonegoro ,peringatan kali ini diisi dengan mengangkat cikal bakal sejarah Majapahit yang mengisahkan Bekel Gajahmada menerima pusaka dari Mpu Supo. Dialah yang membuat benda-benda pusaka Kerajaan Majapahit seperti keris, tombak, payung tombak, dan lain-lain. dari Api rawi ini Selain untuk menyepuh benda-benda pusaka, Mpu Supo juga memanfaatkan air dari Sumur Blekutuk untuk mendinginkan benda-benda pusaka.

Setelah menerima pusaka tersebut bekel mada berangkat ke Majapahit untuk mengabdi menjadi senapati, dari Gajah mada yang berawal bernama. Mada inilah yang cikal bakal prajurit Bhayangkara ini dibentuk hingga sekarang.

Dengan dikemas dengan sendra tari yang apik dariDishupar Bojonegoro Kapolres Bojonegoro AKBP Arie Fadly didaulat menjadi Gajah Mada yang menerima pusaka kehormatan,dengan didampingi Bupati Anna Muawanah dan Wakil Bupati Budi Irawan, prosesi penyerahan pusaka dilakukan dengan diawali Bupati Anna Muawanah Menerima Pusaka dari salah satu prajurit dan diserahkan kepada Kapolres,setelah menerima pusaka tersebut kapolres membacakan Tribratha yang diikuti oleh semua anggota yang berada di lokasi Kayangan Api.

setelah melewati beberapa prosesi akhirnya pusaka disemayamkan di pendopo yang berada tak jauh dari sumber Api Rawi Diruang pendopo Kapolres dan Forpimda melaksanakan tasyakuran.

Dalam keterangan Kapolres Bojonegoro AKBP Arie Fadly mengatakan kegiatan HUT kali ini diadakan di Kayangan Api karena dianggap ditempat ini mempumyai nilai histori yang cukup tinggi” Dari beberapa cerita dari sinilah cikal bakal prajurit Bhayangkara ini berasal”jelas Kapolres.

Kapolres juga berharap dengan peringatan HUT kali ini ke depan polisi bisa lebih profesional, modern,dan selalu menjadi pelindung dan Pengayom masyarakat” Saya berharap dengan HUT yang ke 73 ini kita akan lebih profesional,dan selalu menjadi pelindung dan pengayom masyarakat” ungkap AKBP Arie.(red/tri)

News Feed