oleh

Tangkap 2 Pelaku Curat, Saat Digeledah Temukan Sabu

Surabaya, jurnalissiberindonesia.com -Anggota Opsnal Unit Reskrim Polsek Tandes Surabaya, meringkus 2 (dua) pelaku tindak kejahatan jalanan yakni, pencurian kendaraan bermotor (curanmor) serta kedapatan menyimpan narkoba jenis sabu didalam kamar kos.

Seorang tersangka Wahyu Yustiona (30), terpaksa petugas melumpuhkan dengan timah panas saat akan ditangkap, dirinya melakukan perlawanan.

Kapolsek Tandes Surabaya, Kompol Kusminto didampingi Kanit Reskrim Ipda Gogot Purwanto menuturkan, anggota kami menangkap mereka tersangka Wahyu Yustiona (30), dan Adi Oni (26), yang keduanya warga Jalan Tambak Asri Surabaya telah melakukan aksi pencurian motor (Curanmor) yang awal mulanya berkat laporan adanya telah kehilangan sepeda motor. “Berkat laporan tersebut kita tindak lanjuti penyelidikan dan kita berhasil menangkapnya tersangka,” kata Kompol Kusminto, Sabtu (13/4).

Diceritakan kronologi kejadiannya mereka 1 (satu) orang tersangka merupakan seorang pelaku residivis curanmor yang menjadi target Polsek Genteng Surabaya dan 1 satu tersangka merupakan pemain baru. “Anggota kami berhasil menangkap tersangka di tempat kosnya Jalan Balongsari Krajan Surabaya,” ujar Kusminto.

Diungkapkannya, petugas menangkap tersangka saat digeledah pada kamar kos itu ditemukan 1 (satu) poket sabu, berikut 1 set lengkap alat hisap bong sabu dan korek api gas. “Kedua tersangka ini kita buatkan laporan polisi (LP) 2 berkas lampiran yang berbeda,” sambungnya.

Kusminto menambahkan, menurut pengakuan tersangka (Wahyu Yustiono), sudah melakukan aksi pencurian motor (Curanmor) pada 9 tempat kejadian perkara (TKP) yang berada di Surabaya dan salah satunya telah melakukan pencurian motor jenis matic merk Yamaha Fino bernopol W 4695 CX, di wilayah Kabupaten Gresik. “Hasil seluruh curian motor oleh tersangka dijualnya ke daerah Madura dan laku antara sekitar Rp 1,5 Juta sampai Rp 2 juta,” jelasnya.

Selain itu lanjut Kusminto, tersangka (Wahyu Yustiono) juga pernah mendekam di tahanan Polsek Genteng pada tahun 2010 dengan kasus penganiyaan dan menjalani masa hukumannya selama 7 bulan,” imbuhnya.

Kusminto menambahkan, selain menangkap mereka dua tersangka, kita juga mengamankan barang bukti diantaranya, uang pecahan Rp 20 ribu, dan Rp 10 ribu, 1 buah kunci Leter T, serta motor hasil curiannya jenis matic merk yamaha Fino bernopol W 4695 CX berikut stnk, hingga 1 poket sabu seberat 0,43 gram dengan 1 set lengkap alat hisap sabu. “Kedua Tersangka akan kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemberatan (Curat) dan pasal 112 tentang narkotika,” pungkasnya. (yti/fz)

News Feed