oleh

PETILASAN SUNAN KALIJOGO

-Budaya-510 views

Makam ini terletak di Dusun Soko Desa Medalem, Kecamatan Senori. Untuk Sejarah tentang  makam  ini masyarakat sekitar tidak ada yang tahu. Namun menurut Juru Kunci Ali Imron saat di temui dilokasi makam, menceritakan keberadaan makam ini sudah di temukan  sejak tahun 1979 oleh warga setempat yang bernama Pak Mulyadi. Pak Mulyadi ini masih Pak Lek/Paman dari Pak Ali Imron Juru Kunci.

Di ceritakan, saat itu Pak Mulyadi termasuk orang kaya di Desa Medalem. Namun suatu hari hartanya semakin habis, lalu membuat rumah ditengah sawah atau ladang. Di sini Pak Mulyadi hidup sendirian tidak punya tetangga. Dari sinilah antara jam 21:00 hingga 23:00, Pak Mulyadi di datangi seseorang yang berpakaian serba hitam.

Orang itu bilang agar Pak Mulyadi merawat makam yang sudah rumbuk/penuh semak-semak. Waktu orang berpakaian serba hitam ini di tinggal menoleh sudah tidak ada. Dan keesokan harinya di cek oleh Pak Mulyadi ternyata makam tersebut memang ada. Tetapi kondisinya tidak seperti ini dulu masih rumbuk/di penuhi semak-semak, jadi melihatnya kelihatan angker ujar Pak Ali Imron.

Setelah di temui beberapa kali, akhirnya Pak Mulyadi datang dan berkonsultasi kepada Kyai Baidi. Kyai Baidi ini merupakan ayah dari Gus Mad Tuban. Ia mengatakan kalau nama dari makam tersebut bernama Raden Sahid Moro Teko. Setelah dinyatakan kejelasan makam tersebut, seminggu kemudian Kyai Baidi bersama warga setempat mulai membukanya dan peziarah mulai hanya masyarakat sekitar.

Menurut nara sumber Ali Imron, saat zamannya Gus Dur atau Bapak Abdurrahman Wahid sebelum menjadi presiden , tepatnya pada tahun 1999 makam tersebut baru di buka dan direnovasi sedikit demi sedikit. Kedatangan Gus Dur ke makam tersebut karena beliau dapat petunjuk, kalau ingin Negara Makmur harus berziarah ke makam Sunan Kalijogo. Saat itu Gus Dur dapat firasat untuk ziarah ke makam Sunan Kalijogo yang berada di Kabupaten Tuban. Dengan melalui Riyadh Tsauri yang biasanya di panggil Gus Aya, selanjutnya mencari keberadaan makam tersebut. Informasi yang di terima ternyata benar terdapat Makam Sunan Kalijogo yang letaknya di Dusun Soko Desa Medalem Kecamatan Senori, sehingga Gus Dur datang dan berziarah ke makam tersebut. Tepatnya pada 17 Ramadhan persisnya tahun 1999. Kalau menurut penuturan Gus Dur yang di Kadilangu itu kantornya akan tetapi di sini makamnya. Tapi semua itu Allahu a’lam kata Pak Ali Imron. Demikian Sekilas hasil Penelusuran yang kami dapat, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih.(Red.) Sumber : dispersip.tubankab.go.id

News Feed