oleh

Evaluasi Kompetisi Sepakbola Indonesia: Belum Ada Kesimpulan

Jakarta, – Perjalanan kompetisi sepakbola Indonesia dalam berbagai level, musim ini mendapat sorotan tajam. Meski ada beberapa perbaikan signifikan, semua stakeholder sepakat bahwa sepakbola Indonesia harus menjadi lebih baik di masa depan.

Sejumlah kontroversi mengiringi perjalanan Liga 1 edisi kali ini. Yang paling menyita perhatian tentu masalah juara settingan dan isu pengaturan skor yang melibatkan klub-klub di berbagai strata kompetisi baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3.

Ada juga kasus lain macam, pemukulan terhadap wasit, seperti yang dilakukan pemain Bhayangkara Muda (klub Liga 3), Manan Samara, yang melancakan bogem mentah ke wajah wasit dalam laga melawan Persebara Banjarnegara, belum lagi sejumlah insiden seperti kekerasan antar-pemain.

Daftar kontroversi bertambah bila kejadian-kejadian di Liga 2 disertakan kejadian yang melibatkan suporter, seperti masuknya suporter ke dalam lapangan, pelemparan, serta pemukulan dan pengeroyokan yang mengakibatkan korban jiwa, seperti kasus tewasnya Haringga Sirla di Bandung. ( red ) sumber : IDN TIMES . COM

News Feed